Seputarkuningan.com - 
Nasib malang dialami Sinap (55) warga Lingk Ciketug Rt 02 Rw 01 Kelurahan Ciporang Kecamatan Kuningan Kabupaten Kuningan. Delapan bulan lalu rumah yang dihuninya nyaris ambruk hingga tidak bisa ditinggali lagi. Sejak saat itu, dirinya terpaksa menumpang hidup di rumah kosong milik tetangganya. Padahal, posisi rumahnya berada di tengah kota.

Ditinggal suami meninggal, dan hidup dengan dua orang anak, Sinap harus banting tulang untuk memenuhi kebutuhannya sehari-hari. Untuk menyambung hidupnya, Sinap berjualan nasi uduk menggunakan gerobak di depan Toserba Terbit Ciporang.



Penghasilannya yang tidak menentu membuat Sinap tidak mampu untuk memperbaiki rumahnya yang nyaris ambruk. Kondisi rumah Sinap, berukuran 9 meter x 5 meter itu sangat memprihatinkan. Masuk ke gang kecil, atap depan sudah terlihat tua, sebagian doyong ke bawah menunggu ambruk. Atap belakang justru sebagian sudah ambruk. Praktis, saat hujan terjadi bocor, banjir. Dinding rumah, juga hancur. Kusen hingga flapon sudah pada rapuh. Bahkan, bagian dapur dan kamar sudah tidak dapat dipergunakan.

"Sudah 8 bulan saya tinggal di rumah kosong milik tetangga saya. Alhamdulillah, tetangga saya mengijinkan untuk tinggal di tempatnya," ujar Sinap kepada seputarkuningan.com saat ditemui di rumahnya, Kamis (22/9/2022).



Sinap mengaku, dengan kondisi rumahnya yang mau ambruk ini dirinya dan anak-anak merasa takut ketika hujan besar turun. Dikhawatirkan rumahnya ini ambruk bahkan atap rumahnya sudah bocor dimana-mana.

Sementara itu, Ketua RT 02 Udi Ahyudi mengatakan bahwa rumah tersebut sudah diajukan sejak tahun 2019 hanya saja hingga saat ini belum ada bantuan.

"Sekarang juga mau diajukan lagi. Mudah mudahan pemerintah segera terketuk dan segera direalisasikan," kata Udi. 

Udi menambahkan, dari pihak Kelurahan sudah meninjau rumah tersebut bahkan hingga 3 kali, tapi belum juga ada realisasinya.

"Mungkin belum ada rejekinya, yaa harus sabar. Saya berharap agar rumah Ibu Sinap dan warga lainnya yang rumahnya tidak layak huni dapat bantuan segera," ujar Udi. (Elly Said)

Share To:

Iin Suheli

Post A Comment:

0 comments so far,add yours