Seputarkuningan.com - 
Kepala Inspektorat Kabupaten Kuningan, Deniawan, membenarkan bahwa pihaknya tengah melakukan kajian terhadap kasus adanya dugaan penyelewengan dana Bantuan Pemerintah Non Tunai (BPNT) yang dilakukan mantan Kepala Dusun Wage Desa Kalimanggis Kulon.

Deni menjelaskan, kronologis yang disampaikan oleh pihak kepolisan adalah adanya laporan dari warga  bahwa adanya dugaan penyelewengan dana BPNT yang dilakukan salah seorang perangkat desa dengan modus oknum perangkat desa tersebut memegang kartu ATM salah seorang Keluarga Penerima Manfaat (KPM) atas nama Yana Suryana sejak tahun 2020.

Akan tetapi, KPM atas nama Yana Suryana ini ternyata telah pindah rumah dan bukan lagi warga Desa Kalimanggis Kulon. Hanya saja, dalam laporan yang diterima pihaknya,  tindakan yang dilakukan oleh oknum perangkat desa ini tidak dibenarkan yang menjadi laporan warga.

"Hingga saat ini kami masih melakukan kajian terhadap kasus tersebut. Dan pihak kami sudah melakukan konfirmasi kepada beberapa pihak terkait salah satunya pihak kecamatan dan Dinas Sosial," ujar Deni saat dikonfirmasi, Selasa (20/9/2022).

Deni menambahkan, kajian terhadap kasus BPNT Desa Kalimanggis Kulon ini masih terus berproses, sehingga pihaknya belum dapat menyampaikan secara gamblang atas kasus yang sedang berjalan ini.

"Nantinya bersama pihak kepolisian kami pun akan melakukan kajian kembali akan seperti apa sanksi yang diterapkan," ujar Deni.

Seperti diberitakan sebelumnya, adanya dugaan penyelewengan dana BPNT yang dilakukan oleh salah seorang perangkat Desa Kalimanggis Kulon Kecamatan Kalimanggis terkuak ketika terjadi pergantian Kepala Dusun Wage. Kadus yang baru mempertanyakan adanya KPM atas nama Yana Suryana yang ATM nya tidak diketahui keberadaannya.

Mengetahui hal tersebut, para pemuda setempat mencoba menyelusuri kepemilikan ATM BPNT tersebut dan ternyata ATM atas nama Yana Suryana tersebut dipegang Kepala Dusun Wage sebelumnya. Mantan Kepala Dusun Wage, JJ, pun telah mengakui bahwa ATM tersebut dipegang dirinya dan selalu dicairlkan oleh suaminya dengan dalih diserahkan kembali kepada warga yang berhak. (Elly Said)



Share To:

Iin Suheli

Post A Comment:

0 comments so far,add yours