Seputarkuningan.com - 
Beredar sebuah catatan informasi mengenai nama-nama keterwakilan fraksi di setiap AKD. Bahkan dalam catatan yang diberi judul paket-paket Pimpinan AKD Koalisi, tertulis lengkap nama anggota dewan dengan asal fraksinya. Didalam catatan tersebut, tercatat ada 5 fraksi yang menduduki posisi jabatan ketua pada setiap AKD baik di Komisi, Badan Kehormatan (BK), dan Bapemperda.  Kelima fraksi itu adalah Demokrat, PKS, Golkar, PKB, dan PDI Perjuangan.  

Untuk  PDI Perjuangan, menduduki posisi jabatan ketua di Komisi IV dan BK. Sementara 4 fraksi lain masing-masing di jabatan Komisi I (Demokrat), Komisi II (PKB), Komisi III (PKS), Bapemperda (Golkar).

Sedangkan fraksi dari Partai Gerindra dan PAN justru tidak memiliki keterwakilan di unsur Pimpinan AKD. Padahal Gerindra sendiri memiliki sebanyak 7 kursi legislatif, namun tidak bisa mendapatkan posisi ketua di salah satu AKD.

Padahal, dari informasi yang diterima anggota DPRD Kabupaten Kuningan ini akan menggelar rapat paripurna terkait perubahan Alat Kelengkapan DPRD (AKD) pada Rabu (6/4/2022) esok. Paripurna soal perombakan AKD ini, sesuai dengan jadwal yang telah diputuskan pada Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Kuningan.

Ketika dikonfirmasi, Ketua DPRD Kabupaten Kuningan Nuzul Rachdy membenarkan bahwa pada Rabu besok akan diadakan rapat paripurna terkait perubahan AKD.

"Sesuai jadwal Banmus sih besok (Rabu) akan diadakan rapat paripurna," kata Nuzul kepada awak media, Selasa (5/4/2022).

Ketika ditanya adanya catatan nama-nama anggota dewan yang akan menempati posisi jabatan di AKD, Nuzul menjawab tidak mengetahui secara pasti terkait hal itu.

"Itu bukan ranah saya dong. Saya tidak tahu apakah ada koalisi atau tidak. Koalisi kita kan koalisi DPRD 50 anggota dewan," kata Nuzul.

Namun yang pasti, kata Nuzul, perubahan AKD tetap harus dilakukan melalui rapat paripurna. 

“Karena kalau untuk perubahan AKD itu harus diparipurnakan. Memang kalau surat-surat usulan sudah masuk, yang baru saya terima itu daftar nama dari masing-masing fraksi ke alat kelengkapan (Komisi, BK, dan Bapemperda), nanti akan dilakukan pemilihan di setiap AKD,” jelas Nuzul. (Elly Said)


Share To:

Iin Suheli

Post A Comment:

0 comments so far,add yours