Seputarkuningan.com - 
Bupati Kuningan H. Acep Purnama menyerahkan 249 sertifikat tanah program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tahun 2022 kepada warga Desa Selajambe Kecamatan Selajambe Kabupaten Kuningan, Kemarin.  

Penyerahan sertifikat ini dihaddiri Kapolres Kuningan AKBP Dhany Aryanda, Kodim 0615 Kuningan Letkol Czi David Nainggolan, Kepala BPN Kuningan Surahman, Plt Camat Selajambe Deni Hamdani, Unsur Muspika serta masyarakat penerima sertifikat.

Dalam sambutannya, Bupati Kuningan menyampaikan pesannya kepada masyarakat agar dapat menjaga sertifikat secara baik, karena itu merupakan bukti sah dan jaminan kepastian hukum hak aset yang dimilikinya. 

"Program PTSL di Kabupaten Kuningan selama ini dapat dikatakan sukses dan bahkan Kantor Pertanahan Kabupaten Kuningan mendapat apresiasi dan bahkan menjadi salah satu percontohan karena terjalinnya kerjasama, kolaborasi dan sinergitas antara Pemda Kuningan, TNI-POLRI, dan Kantor Pertanahan Kabupaten Kuningan dalam mensukseskan Program Strategis Nasional PTSL," kata Acep dalam sambutannya.

Keberhasilan Program PTSL ini juga, lanjut Acep,  tak luput dari peran Para Camat, Lurah, Kepala Desa dan Masyarakat.

“Untuk itu,  saya atas nama masyarakat dan pemerintah daerah Kabupaten Kuningan memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Kantor Pertanahan Kabupaten Kuningan, Polres, Kodim 0615 Kuningan, Perangkat Daerah terkait, Camat, Lurah, dan Kepala Desa yang telah bekerja keras mensukseskan pelaksanaan Program PTSL yang pro rakyat ini dengan baik," ungkap Acep.

Sementara itu, Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Kuningan, Surahman, mengucapkan banyak terimakasih atas dukungannya baik itu dari pihak pemerintah daerah Kabupaten Kuningan , dan Aparat penegak hukum yang mendampingi penuh agar Program Strategis Nasional PTSL  di Kabupaten Kuningan berjalan dengan sukses.

Program PTSL bertujuan untuk percepatan pemberian kepastian hukum dan perlindungan hukum hak atas tanah rakyat secara pasti,sederhana, lancar, aman, adil merata, terbuka ,akuntabel sehingga dapat meningkatkan kemakmuran rakyat terutama di Kabupaten Kuningan. 

“Dengan adanya sertifikat ini, maka adanya kepastian hukum terhadap lahan atau gedung yang mereka tempati,” ujar Surahman. 

Surahman menambahkan, dengan adanya program PTSL, maka mereka dapat lebih tenang menggarap lahan mereka. Sebab mereka tidak perlu khawatir lahan mereka diklaim orang lain. Karena sertifikat tersebut merupakan alat bukti sah kepemilikan lahan atau bangunan.

 “Adanya sertifikat menjadikan mereka tidak khawatir lagi, lahannya diklaim orang lain,” ujar Surahman.

Bahkan, kata Surahman, untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, maka ada beberapa program di kantor pertanahan Kuningan yaitu SMS-delivery, yaitu layanan pemberitahuan melalui sms secara real-time kepada pemohon apabila produk layanannya sudah selesai dengan sender “BPNKUNINGAN”: permohonan anda nomor berkas:…………..sudah selesai, silahkan ambil di loket pelayanan BPN Kuningan, “KUPAT-KUNINGAN” kepanjangan KUantar SertiPikAT wilayah Kuningan, yaitu layanan pengantaran sertipikat yang sudah selesai kepada pemohon Lansia, Disabilitas atau Pemohon yang jauh alamatnya dari Kantor Pertanahan; “JENIPER” kepanjangan dari JENdela Informasi PERtanahan, yaitu program talk-show/dialog interaktif dengan masyarakat melalui Radio Megaswara Kuningan 89.8FM setiap hari Selasa jam 17.00-18.00 wib, dan “LARI SEHAT”  kepanjangan dari LAyanan sehaRI SErtipikat Hak Atas Tanah untuk  Layanan Penghapusan Hak Tanggungan (Roya), Peningkatan Hak Atas Tanah, Penurunan Hak Atas Tanah, Pengecekan Sertifikat, dan Surat Keterangan Pendaftaran Tanah. (Elly Said)

Share To:

Iin Suheli

Post A Comment:

0 comments so far,add yours