Seputarkuningan.com - 
Polres Kuningan memberlakukan sistem ganjil genap di perbatasan Kuningan Cirebon tepatnya di tugu ikan Sampora. Pemberlakuan ganjil genap tersebut sebagai tindak lanjut kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 diKabupaten Kuningan dalam mengantisipasi penyebaran serta lonjakan kasus Covid-19.

Hal ini berdasar pada Intruksi Menteri Dalam Negeri No. 13 tahun 2022 tentang PPKM level 4, level 3 dan level 2 Covid-19 di Wilayah Jawa Bali. Ganjil genap akan diberlakukan pada hari Sabtu tanggal 5 Maret 2022 dan Minggu tanggal 6 Maret 2022.

Pemberlakuan pembatasan arus lalu lintas dengan sistem ganjil genap ini dilakukan untuk tahap pertama. Pada Hari Sabtu tanggal 5 Maret 2022, shift 1 mulai pukul 07.00 - 12.00 Wib dan shift 2 mulai pukul 12.00 Wib-17.00 Wib hanya untuk kendaraan dengan nopol ganjil dapat masuk ke wilayah Kuningan dan di hari Minggu tanggal 6 Maret 2022, shif 1 mulai pada pukul 07.00 Wib - 12.00 Wib dan shift 2 mulai pukul 12.00 Wib - 17.00 Wib hanya untuk kendaraan dengan nopol genap yang bisa memasuki wilayah Kuningan.

"Pemberlakuan sistem ganjil genap ini tergantung pada situasi di Kabupaten Kuningan. Karena Kuningan ada di level 3, maka pemberlakuan ini sebagai upaya untuk mencegah kerumunan dan mencegah penyebaran Covid-19. Karena setiap akhir pekan, banyak warga yang datang ke Kuningan untuk wisata," kata Kapolres Kuningan AKBP Dhany Aryanda kepada awak media usai jumpa pers di Mapolres Kuningan, Jum'at (4/3/2022).

Untuk malam hari, lanjut Kapolres, pihaknya akan melakukan patroli secara langsung. Bagi warga Kuningan yang datang dari luar kota atau pulang kerja dari luar Kuningan bisa menunjukkan identitas diri yang menyatakan bahwa warga tersebut tinggal di Kuningan.

"Bagi kendaraan yang tidak sesuai saat diberlakukannya sistem ganjil genap, maka akan diminta untuk putar balik," ujar Kapolres.

Maka dari itu, kata Kapolres, warga Kabupaten Kuningan agar tetap menjalankan protokol kesehatan dengan baik. Pihaknya akan terus melakukan upaya-upaya pencegahan penyebaran virus Covid-19. (Elly Said)


  

Share To:

Iin Suheli

Post A Comment:

0 comments so far,add yours