Seputarkuningan.com - 
Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kuningan membantah adanya rumor dugaan pungutan sebesar Rp 300.000 terhadap penerbitan Tanda Daftar Organisasi Kesenian (TDOK). Pihak Disdik menegaskan, dugaan pungli tersebut tidak benar, kareba proses penerbitan TDOK tanpa pungutan apa pun. Pada tahun ini, Disdik Kuningan memiliki tugas menerbitkan 570 TDOK yang akan dilakukan secara bertahap yaitu pada Bulan Januari dan Juli.

Pada bulan ini, ada sekitar 282 TDOK yang telah diterbitkan untuk grup maupun pelaku seni.

“Namun dalam proses penerbitan TDOK ini, ada sesuatu yang sangat mengganjal di hati kami. Karena ada banyak tuduhan-tuduhan kepada kami, melakukan proses-proses ilegal yang tidak diperbolehkan oleh peraturan perundang-undangan,” kata Kabid Kebudayaan Disdikbud Kuningan, Emup Muflihudin melalui Kasi Sarana dan Prasarana Bidang Kebudayaan saat memberikan keterangan persnya, Selasa (29/3/2022) di Gedung Kesenian Kuningan.

Oleh sebab itu, pihaknya secara tegas membantah, adanya pungutan tidak resmi yang dilakukan pihak dinas. Bahkan dipersilahkan untuk bertanya kepada setiap grup maupun pelaku seni yang menerima TDOK.

“Silahkan tanya saja langsung kepada penerima TDOK, baik perwakilan seniman maupun tim verifikasi. Sehingga jelas bahwa kami, Disdikbud yang selama ini dituduh pungutan uang, silahkan tanyakan langsung kepada mereka (penerima TDOK, red),” tandasnya.

Dirinya memberi ruang seluas-luasnya, agar bisa ditanyakan apakah ada pungutan uang kepada para penerima TDOK. Hal ini untuk memastikan, jika pihak dinas tidak sedikitpun melakukan pungli.

“Kami ingin menjaga nama baik Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, terutama saya sebagai sub koordinator kelembagaan sarana dan prasarana. Sehingga kami terbebas dari frame bahwa kami melakukan upaya-upaya diluar dari aturan perundang-undangan,” bebernya.

Pihaknya sangat terbuka dan berani melakukan upaya untuk konferensi pers, karena benar-benar tidak pernah melakukan pungli tersebut. (Elly Said)


Share To:

Iin Suheli

Post A Comment:

0 comments so far,add yours