Seputarkuningan.com - 
Pemerintah Jawa Barat melalui Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman San Pertanahan Kabupaten Kuningan akan membangun 480 rumah tidak layak huni yang berada di 24 desa. Progran perbaikan rutilahu di Kabupaten Kuningan adalah salah satu pelaksanaan program strategis Provinsi Jawa Barat dalam memenuhi rumah layak huni.

Hal ini diungkapkan Bupati Kuningan H. Acep Purnama saat memberikan arahan pada acara sosialisasi Kabupaten Program Perbaikan Rutilahu Provinsi Jawa Barat di Aula Kelurahan Cijoho Kuningan, Kamis (24/3/2022).

"Perbaikan rutilahu ini juga dapat menumbuh kembangkan semangat gotong royong tidak hanya di perkotaan tapi juga di pedesaan," kata Bupati.

Bupati juga menyampaikan, melalui acara sosialisasi ini semua pihak dapat menyamakan pemahaman dan persepsi bersama terhadap pelaksanaan program perbaikan rumah tidak layak huni. Sehingga pada pelaksanaannya nanti, kata Bupati, para pihak yang terlibat baik dari masyarakat penerima manfaat, anggota LPM, TimTeknis Desa, fasilitator, unsur muspika, dan tim teknis kabupaten dapat melaksanakan program rutilahu ini sesuai dengan aturan yang dituangkan dalam petinjuk teknis dan petunjuk pelaksanaan program rutilahu.

Lebih lanjut Bupati mengatakan, sektor perumahan merupakan kebutuhan dasar masyarakat yang harus terpenuhi. Pemenuhan kebutuhan rumah yang layak huni dan sehat bagi masyarakat merupakan urusan yang wajib dalam pemenuhan pelayanan dasar yang diselenggarakan pemerintah. Rutilahu ini sasarannya bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) dan dilaksanakan secara swakelola dan swadaya oleh masyarakat.

Manfaat dari program rutilahu ini adalah, masyarakat dapat memperbaiki rumahnya dari tidak layak huni menjadi layak huni, menumbuh kembangkan nilai-nilai gotong royong, meningkatkan kemampuan dan potensi masyarakat serta kearifan lokal, dan terjalin serta terbinanya kerja sama yang baik antara lembaga yang ada di desa dan kelurahan.

"Pada kesempatan ini, kami dari pemerintah daerah Kabupaten Kuningan menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah Provinsi Jawa Barat, Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Jawa Barat dan semua pihak yang telah membantu dan memberikan program perbaikan rutilahu untuk masyarakat Kuningan," ujar Bupati. (Elly Said)



  

Share To:

Iin Suheli

Post A Comment:

0 comments so far,add yours