Seputarkuningan.com - 
Tim satuan Tugas (Satgas) Penanganan dan Pengendalian Covid-19 Kabupaten Kuningan akan kembali menyiapkan tempat isolasi terpadu sebagai upaya mengantisipasi terjadinya gelombang ketiga Covid-19 ataupun varian Omicron.

"Memang di Bulan Pebruari ini ada lonjakan kasus Covid-19 bahkan mencapai angka seratus lebih dalam satu hari. Hal ini karena memang adanya hasil dari kontak erat yang dilakukan tracing dan testing. Makanya tidak mengherankan ketika angka ini cukup melonjak," ujar Ketua Satgas Covid-19 Indra Bayu Permana saat dikonfirmasi, Rabu (23/2/2022).

Langkah lainnya, kata Indra, pemerintah daerah akan mempersiapkan kembali tempat untuk melakukan isolasi jika kasus Covid-19 semakin meningkat. Hanya saja, hingga saat ini rumah sakit-rumah sakit yang ada masih dapat memenuhi kebutuhan isolasi.

"Kebanyakan yang terkonfirmasi ini melakukan isolasi mandiri bagi yang gejalanya ringan," kata Indra.

Rumah Sakit Ex Citra Ibu juga, lanjut Indra, saat ini sudah disiapkan jika diperlukan untuk menangani pasien Covid-19. Selanjutnya, aula BKSDM pun akan kembali disiapkan untuk tempat isolasi jika memang diperlukan.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kuningan Hj. Susi Lusiyanti mengatakan, untuk kasus Covid-19 saat ini gejala yang dirasakan masih dalam kondisi ringan dan sedang. Maka, kata Susi, isolasi mandiri yang dilakukan pun cukup singkap, hanya sekitar 5 atau 7 hari saja.

"Sebenarnya untuk mengetahui itu Omicron atau bukan harus dilakukan pemeriksaan lanjutan. Hanya saja, gejala yang dirasakan bagi yang terkonfirmasi hampir sama dengan flu. Maka, isolasinya pun hanya sekitar 5 hari," kata Susi.

Berdasarkan data yang dikeluarkan Crisis Center Kabupaten Kuningan periode Januari 2022 hingga tanggal 23 Pebruari 2022, pasien terkonfirmasi positif mencapai angka 1.062 orang dengan kenaikan per hari ini sebanyak 128 orang, telah sembuh mencapai angka 344 orang dan meninggal dunia sebanyak 18 orang. (Elly Said)




Share To:

Iin Suheli

Post A Comment:

0 comments so far,add yours