SURVEI : TINGKAT KEPUASAN PUBLIK TERHADAP DINKES CAPAI 64,3 PERSEN

Kantor Dinkes Kabupaten Kuningan

Seputarkuningan.com - 
Untuk mengetahui kepuasan masyarakat atas layanan instansi yang ada di Pemerintah Kabupaten Kuningan, maka Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Kuningan mengadakan survei kepuasan masyarakat atas layanan Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan tahun 2021.

Pelaksanaan survei tersebut dilaksanakan dengan metode survei lapangan (field survey) untuk melakukan wawancara tatap muka secara langsung (face to face interview) dengan responden menggunakan kuesioner yang dirancang secara khusus. Responden yang diwawancarai sebanyak 400 orang yang tersebar secara proporsional di 32 kecamatan.

Dari hasil survei tersebut, Dinas Kesehatan Kabupaten Kuningan mendapat nilai tertinggi dengan capaian sangat puas sebesar 23,5%, puas sebesar 64,3%, tidak puas sebesar 6,3% dan sangat tidak puas 0,5%. Sedangkan 5,5% lainnya tidak menjawab. Disusul peringkat kedua Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dengan capaian sangat puas sebesar 17,5%, puas 65,5%, tidak puas 7,0%, sangat tidak puas 1,8% dan 8,3% lainnya tidak menjawab. Di peringkat ketiga Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dengan capaian sangat puas sebesar 17,5%, puas 60%, tidak puas 8,5%, sangat tidak puas 0,8% dan 13,3% lainnya tidak menjawab.

"Alhamdulillah, kepercayaan masyarakat atas layanan Dinas Kesehatan cukup tinggi. Hal ini tentu tidak membuat kami terlena dan akan terus berupaya untuk tetap meningkatkan pelayanan agar lebih baik dan terus memperbaiki diri untuk lebih baik juga," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kuningan dr Hj. Susi Lusiyanti kepada seputarkuningan.com saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (5/1/2021).

Susi mengatakan, survei ini dilakukan oleh pihak Bappeda Kabupaten Kuningan untuk semua instansi yang ada di lingkup Pemerintah Kabupaten Kuningan. Tentu saja, kata Susi, dengan adanya survei ini sangat membantu bagi pihaknya untuk mengetahui kelemahan atau kekurangan dalam penyelenggaraan pelayanan publik.

"Selain itu juga, kami dapat mengetahui kinerja penyelenggara pelayanan yang telah dilaksanakan oleh unit pelayanan publik secara periodik. Sebagai bahan penetapan kebijakan yang perlu diambil dan upaya tindaklanjutnya," ujar Susi.

Tak lupa, Susi juga menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada seluruh masyarakat Kabupaten Kuningan atas dukungannya kepada Dinas Kesehatan yang dipimpinnya saat ini.

"Saran ataupun kritikan tentu akan kami terima agar kami  dapat meningkatkan pelayanan lebih baik lagi kepada masyarakat," pungkas Susi. (Elly Said)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.