SIAGA BENCANA, APEL KESIAPSIAGAAN DIGELAR


Seputarkuningan.com - 
Sejumlah personil gabungan dari berbagai unsur mengikuti apel kesiapsiagaan penanggulangan bencana hidrometeorologi di Lapangan Sepak Bola Kelurahan Ciporang, Senin (15/11/2021).   Bupati Kuningan Acep Purnama memimpin langsung apel tersebut.

Bencana hidrometeorologi merupakan bencana yang diakibatkan parameter meteorologi seperti curah hujan, kelembaban, temperatur dan angin. Contohnya seperti banjir, angin puting beliung, longsor, abrasi hingga gelombang pasang.

Bupati Kuningan Acep Purnama mengatakan, Kabupaten Kuningan merupakan wilayah yang cukup rawan akan bencana. Kerawanan bertambah seiring dengan masuknya musim penghujan yang dapat menimbulkan potensi tanah longsor dan banjir di sejumlah titik di wilayah Kabupaten Kuningan.

"Dengan adanya potensi tersebut, maka kita harus siap siaga dalam mengantisipasi segala kemungkinan yang akan terjadi. Apel ini sebagai bentuk kesiapsiagaan dalam menanggulangi resiko bencana," kata Bupati kepada awak media.

Menurut Bupati, bahwa setiap tahun sesuai dengan situasi kondisi berdasarkan geografis, demografis, klimatologis dan semua faktor alam, non alam maupun faktor manusia. hal ini dikarenakan karena adanya cuaca ekstrim yang saat ini terjadi.

"Penanggulangan bencana sebelum maupun sesudah itu perlu dipersiapkan. Dan Alhamdulillah kita memiliki personil dari berbagai unsur baik pemerintah, masyarakat, pengusaha termasuk media di dalamnya dan juga akademisi," ujar Bupati.

Menurut Bupati, ada beberapa wilayah yang dianggap rawan bencana di antaranya Subang, Selajambe, Cilebak, Ciwaru,  Ciniru, dan Hantara sebagian. Kemudian  Cibingbin dan Cibereum yang berpotensi banjir karena merupakan muara aliran Sungai Cisanggarung.

"Kita harus mempunyai dan memiliki komitmen bersama untuk pengurangan resiko bencana yang terencana dalam program pembangunan daerah berwawasan mitigasi bencana, dengan dilandasi pada hasil kajian bencana serta meningkatkan kordinasi antar SKPD untuk saling kerja sama dalam mengantisipasi penanganan kejadian bencana secara tepat dan cepat," pungkas Bupati. (Elly Said)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.