KALAPAS KUNINGAN BAKAL SIKAT OKNUM PETUGAS 'NAKAL'


Seputarkuningan.com - 
Kepala Lapas Kelas IIA Kuningan, Gumilar Budirahayu, menegaskan pihaknya terus membenahi pelayanan guna menuju zona integritas. Pihaknya bahkan berupaya untuk mempersempit kesempatan warga binaan untuk memiliki ataupun menggunakan fasilitas alat komunikasi.

Pernyataan tersebut menyikapi terungkapnya penangkapan 2 kurir yang membawa ganja seberat 2 kg oleh Sat Narkoba Polres Kuningan yang diduga adanya peran warga binaan lapas yang mengendalikan melalui telepon genggam.

“Kejadian ini terus terang saja membuat kami terpukul. Kami di sini mendukung penuh apa yang dilakukan oleh penyidik Sat Narkoba Polres Kuningan. Kita akan membuka akses seluas-seluasnya untuk masalah ini agar bisa sampai ke pengadilan," ujar Kalapas saat menggelar Jumpa Pers di ruang kerjanya, Rabu (13/10/2021).

Menurut Kalapas, pihaknya sudah melakukan berbagai upaya pembinaan terhadap warga binaan terus dilakukan tanpa henti. 

"Bahkan jika ada petugas lapas yang terlibat, sikat saja. Kita tidak ada sedikit pun untuk menutup-nutupi atau toleransi terhadap hal tersebut. Intinya, kami bersama Polres Kuningan akan berusaha menuntaskan kasus ini," tegas Kalapas.

Kalapas juga menerangkan, persoalan over kapasitas warga binaan yang tidak sebanding dengan jumlah petugas menjadi kendala lain dalam pengawasan.  Saat ini terdapat sekitar 400 warga binaan yang menghuni di lapas yang terletak di Kelurahan Cijoho, Kecamatan Kuningan itu dimana 120 orang di antaranya merupakan narapidana dengan kasus narkotika.

"Kepada petugas lapas juga saya sampaikan bahwa handphone atau barang ilegal lainnya tidak jalan sendiri. Pasti ada yang menggerakkan. Mudah-mudahan dengan adanya kasus ini pihak kepolisian bisa membantu mengungkap petugas yang terlibat, maka kita sikat saja," tegas Kalapas. (Elly Said)



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.