UNISA KUNINGAN JADI KAMPUS TERTIB LALU LINTAS


Seputarkuningan.com - 
Universitas Islam Al-Ihya Kuningan ditetapkan menjadi kampus tertib lalulintas. Penetapan tersebut ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Kapolres Kuningan, AKBP. Doffie Fahlevi Sanjaya, S.IK., M.Si dan Rektor Unisa Kuningan, Nurul Iman Hima Amrullah, S.Ag., M.Si.

Selain penandatanganan prasasti, acara yang digelar dalam rangka Hari Ulang Tahun Lalulintas Bhayangkara ke-66 tersebut diisi vaksinasi massal bagi mahasiswa dan karyawan Unisa Kuningan, safety riding dan bagi-bagi helm, serta servis motor gratis.

Rektor Unisa Kuningan, Nurul Iman Hima Amrullah, S.Ag., M.Si menyambut baik Kepolisian Resor Kuningan yang memilih Unisa Kuningan sebagai kampus tertib lalu lintas. Menurutnya, penetapan tersebut menjadi motivasi bagi keluarga besar Unisa Kuningan untuk menjaga, memelihara, dan meningkatkan kebiasaan tertib lalulintas, baik di kampus maupun dalam kehidupan sehari-hari.

“Atas nama pribadi dan keluarga besar Unisa Kuningan kami haturkan terima kasih. Penetapan Unisa Kuningan sebagai kampus tertib lalulintas merupakan penghargaan bagi kami. Insyaallah dengan komitmen dan kesadaran seluruh civitas akademika, budaya tertib lalulintas akan terus kami tingkatkan,” kata Iman, Kamis (16/09/2021)

Iman juga menyebutkan, tidak hanya di Cigugur sebagai kampus utama Unisa Kuningan, budaya tertib lalu lintas akan disosialisasikan ke seluruh kampus Unisa Kuningan yang meliputi Kampus Kampus 2 Ciawigebang, dan Kampus 3 Sengkahan. Bahkan, Unisa Kuningan yang saat ini sedang menyiapkan kampus baru di wilayah Cirendang, budaya tertib lalulintas akan menjadi motivasi dan semangat dalam aktivitas sehari-hari.


“Dalam skala yang lebih luas, budaya tertib berlalulintas yang kita mulai dari kampus ini bisa mendukung program Polri , khususnya Polres Kuningan dalam penataan lingkungan tertib dan sadar berlalulintas, serta menekan angka kecelakaan lalulintas,” tuturnya.

Sementara itu, Kapolres Kuningan menyatakan dengan semakin bertumbuhnya suatu wilayah, maka seiring sejalan dengan terjadinya kepadatan lalu lintas di wilayah tersebut, sehingga jika tidak dilakukan upaya untuk tertib berlalu lintas yang dimulai dari diri sendiri, maka hal itu akan menjadi suatu ancaman banyaknya kecelakaan lalu lintas.

“Menurut data dari WHO, kecelakaan lalu lintas menempati urutan ketiga angka kematian tertinggi di dunia setelah jantung dan HIV/AIDS. Terdapat beberapa faktor yang menjadi penyebab kecelakaan lalu lintas di jalan, diantaranya faktor pengendara, faktor lalu lintas, faktor jalan, faktor kendaraan dan faktor lingkungan seperti kondisi cuaca," papar Kapolres.

Di Kabupaten Kuningan, kata Kapolres,  struktur dari geografisnya merupakan pegunungan dan perbukitan, dan hanya mempunyai satu jalan protokol yang terbagi menjadi dua jalur, 1 jalur naik ke atas dan 1 jalurnya lagi turun ke bawah, sehingga sangat rentan terjadi kecelakaan lalu lintas.

Di akhir sambutannya, Kapolres memberikan apresiasi kepada Kampus Islam Al-Ihya, karena walaupun dalam masa pandemi Covid-19, terus berkreasi dan berprestasi sehingga mampu menjadi salah satu Kampus Tertib Lalu Lintas di wilayah Kab Kuningan.

“Semoga pencapaian ini dapat dijadikan sebagai pioneer dan influencer bagi kampus-kampus lainnya dan masyarakat pada umumnya dalam tertib berlalu lintas di jalan," harap Kapolres. (Elly Said)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.