POLRES KUNINGAN SALURKAN BANTUAN TUNAI UNTUK 3.295 PKL DAN WARUNG


Seputarkuningan.com - 
Polres Kuningan menyalurkan bantuan tunai untuk pedagang kaki lima dan warung. Adapun total bantuan tersebut akan diberikan kepada 3.295 pedagang yang terdampak pandemi.  Penyerahan dilaksanakan secara simbolis yang diberikan Kapolres Kuningan AKBP Doffie Fahlevi Sanjaya kepada perwakilan pedagang di Aula Wira Satya Pratama Mapolres Kuningan, Selasa (28/9/2021).

Dalam kegiatan tersebut dihadiri Kabid Keu Polda Jabar Kombes Pol Endang Sri Utami, Waka Polres Kuningan Kompol Jaka Mulyana,  Kasubid Bia APK Bid Keu Polda Jabar, Kompol Indra R., serta para PJU Polres Kuningan. 

Menurut keterangan Kapolres Kuningan AKBP Doffie Fahlevi Sanjaya, mengatakan  penyaluran bantuan yang diberikan merupakan program pemerintah pusat melalui Menteri Perekonomian dan Menteri Keuangan yang mempercayakan kepada Polri untuk menyalurkannya kepada pelaku usaha mikro, diantaranya Pedagang Kaki Lima (PKL) dan pemilik warung atau yang belum pernah menerima Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM).

“Para penerima bantuan ini datanya didapat dari para Bhabinkamtibmas yang saya intsruksikan untuk turun langsung ke lapangan mendata masyarakat khususnya yang berprofesi sebagai pedagang kaki lima dan pemilik warung dan mereka sebelumnya belum pernah menerima bantuan serupa," kata Kapolres.

Sebagai bentuk pertanggungjawaban atas kevalidan data yang didapat, kata Kapolres, selanjutnya data tersebut divalidasi melalui aplikasi online Puskeu Presisi yang terkoneksi dengan lembaga terkait.

“Bantuan ini akan disalurkan secara bertahap dan terjadwal kepada 3.295 para Pedagang Kaki Lima dan pemilik warung yang ada di wilayah Kabupaten Kuningan yang datanya sudah terverifikasi oleh sistem aplikasi terpusa," ujar Kapolres.

Kapolres menambahkan, bahwa para penerima bantuan masing-masing akan menerima Rp. 1.2 juta, dan hingga saat ini pihaknya telah melakukan sebanyak 3 kali penyaluran kepada 347 penerima bantuan dengan nominal Rp. 416.400.000,- (Empat ratus enam belas juta empat ratus ribu rupiah). 

"Dengan adanya penyaluran bantuan tersebut dapat membantu meringankan beban masyarakat khususnya para pedagang kaki lima dan pemilik warung, sehingga dapat menggerakan kembali pemulihan perekonomian nasional pada tingkat bawah. Mudah-mudahan bantuan yang disalurkan ini dapat bermanfaat, penyalurannya tepat sasaran dan tidak terjadi duplikasi dengan bantuan lainnya," pungkas Kapolres. (Elly Said)


1 komentar:

  1. mantap sekaligus prihatin menyaksikan kisruh bantuan yang tidak tepat sasaran

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.