AKSI SEORANG DIRI JELANG RAPAT PARIPURNA, SEORANG MAHASISWA DIAMANKAN POLISI


Seputarkuningan.com - 
Biasanya aksi yang dilakukan mahasiswa dengan turun ke jalan dilakukan dengan jumlah yang mencapai puluhan, ratusan bahkan ribuan. Namun pemandangan berbeda terjadi di Kabupaten Kuningan. Seorang mahasiswa menggelar aksi sendirian di depan Gedung DPRD Kabupaten Kuningan, Kamis (30/9/2021). 

Dia adalah Alfi Aulia Hasbullah, meski seorang diri ia tetap mau menyampaikan aspirasinya. Akan tetapi, sebelum Alfi menyampaikan aspirasinya kedatangannya sudah dihadang oleh petugas kemananan untuk mencegahnya melakukan aksi. Sempat Alfi bersitegang dengan petugas keamanan agar memberikan ijin untuk membacakan puisi di depan Gedung DPRD Kuningan.

Akhirnya, Alfi pun dibawa ke Mapolres Kuningan oleh petugas kemanan untuk dimintai klarifikasi. Menurut Kasat Intelkam Polres Kuningan IPTU Yuda Megantara mengatakan, aksi yang dilakukan Alfi dianggap tidak sesuai prosedur administratif.

"Kami bukan menghalang-halangi aksi, tapi dari surat yang dilayangkannya tidak jelas, siapa yang melakukan aksi, korlapnya siapa, atribut yang dibawa apa dan materi yang akan disampaikannya tidak ada. Hal tersebut tidak sesuai dengan mekanisme uu no 9 tahun 1998  terkait menyampaikan pendapat di muka umum. Sehingga untuk kegiatan hari ini kita lakukan klarifikasi kepada saudara Alfi," kata Kasat kepada awak media.

Kasat menegaskan, bahwa Alfi dibawa ke Mapolres Kuningan bukan untuk dilakukan interogasi tapi hanya sekedar melakukan klarifikasi terkait surat pemberitahuan dan meminta kepada Alfi untuk memperbaikinya.

Ketika ditanya adanya indikasi perintah dari Ketua DPRD agar aksi tersebut dijegal, Kasat menegaskan bahwa tidak ada hubungannya dengan pihak DPRD karena hal ini adanya kaitan tentang pelayanan dari pihak kepolisian untuk memberikan pelayanan keamanan kepada peserta aksi.

Usai dimintai klarifikasi, Alfi yang didampingi mahasiswa lainnya pun diperbolehkan untuk pulang. (Elly Said)



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.