KAPOLDA JABAR TARGETKAN VAKSINASI COVID 400 RIBU ORANG PER HARI


Seputarkuningan.com - 
Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Ahmad Dofiri menargetkan vaksinasi di Jawa Barat dapat dilakukan terhadap 400 ribu orang dalam satu hari guna mempercepat kekebalan kelompok atau herd immunity. Hal ini sebagai salah satu upaya yang terus dilakukan pemerintah. Untuk mencapai herd immunity, setidaknya 70 persen penduduk di daerah sudah divaksin.

Menurut Kapolda, jumlah penduduk di Jawa Barat yang mencapai 50 juta orang, dibutuhkan setidaknya 37 juta orang yang harus divaksin. Namun, hingga saat ini vaksinasi di Jawa Barut baru mencapai sekitar 12 juta orang.

"Untuk saat ini memang jumlah vaksinnya masih terbatas, tapi Insya Allah mulai September nanti kita targetkan sebanyak 400 orang per hari yang akan divaksin. Jawa Barat ini termasuk jumlah penduduknya terbesar se-Indonesia sekitar 50 juta jiwa. Jadi harus 37 juta orang yang harus mendapat vaksin," kata Kapolda saat meninjau vaksinasi massal di Ponpes Salsabila MAN 2 Kuningan, Senin (23/8/2021).

Kapolda juga menyebutkan, di Jawa Barat baru sekitar 12 juta orang yang sudah divaksin itu berarti masih ada sekitar 25 juta orang lagi yang harus divaksin.

"Kalau targetnya Desember 2021 itu herd immunity, maka harus 400 ribu orang yang divaksin setiap harinya," ujar Kapolda.

Kapolda menambahkan,  jika target herd immunity bisa tercapai di akhir tahun ini maka semua kegiatan seperti sekolah tatap muka, pembukaan fasilitas umum bisa kemungkinan dilakukan.

Menurut Kapolda, ujung tombak dari pelaksanaan vaksinasi dimulai dari puskesmas. Di Jabar sendiri, kata Kapolda, ada 1.038 puskesmas yang mampu melakukan vaksinasi hingga 300 ribu orang perhari.

" Kalau 1.038 Puskesmas saja sudah 300 ribu belum lagi di sentra vaksinasi, di rumah sakit, klinik dengan catatan pasokan vaksin lancar dan mudah-mudahan September dan seterusnya persediaan banyak dan target bisa tercapai," pungkas Kapolda. (Elly Said)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.