BPBD KUNINGAN PASANG TENDA DARURAT DI RS SEKAR KAMULYAN


Seputarkuningan.com -
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan
mendirikan tenda darurat paska melonjaknya pasien Covid-19. Tenda darurat tersebut dipasang di Rumah Sakit Sekar Kamulyan Cigugur.

Adanya tenda darurat ini untuk membantu pihak rumah sakit dalam penanganan pasien secara medis.

“Tenda darurat ini kami pasang atas permintaan dari pihak rumah sakit. Tenda ini nantinya dipergunakan untuk proses awal atau screening terhadap pasien," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kuningan Indra Bayu Permana, Kamis (8/7/2021).

Menurutnya, kondisi sekarang hampir semua rumah sakit mulai kewalahan dalam menangani pasien, khususnya bagi pasien covid.
Oleh sebab itu dibutuhkan ruangan baru untuk membantu proses screening bagi pasien-pasien baru.
“Ketika pasien akan masuk rumah sakit maka harus screening dulu. Sementara ruangan di rumah sakit itu kalau kondisi normal masih bisa terakomodir, tapi sekarang kan kondisinya pandemi, ada pasien yang normal dan pasien COVID-19, makanya berinisiatif untuk peminjaman tenda darurat,” kata Indra.

Di dalan tenda tersebut, kata Indra, sudah disediakan kursi dan juga oksigen jika ada pasien yang membutuhkannya. Tenda tersebut juga jika dibutuhkan dapat digunakan untuk tempat perawatan pasien. Tenda yang berukuran 8x14 m ini dapat memuat sekitar 60 orang tanpa velbed dan 30 orang dengan menggunakan velbed.

“Tapi, saat ini kami tinggal 2 tenda lagi yang seperti itu. Jadi hanya ada di RS Sekar Kamulyan ya, itu pun sifatnya situasional,” pungkas Indra. (Elly Said)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.