UNIKU LOLOS PROGRAM KMMI TAHUN 2021


Seputarkuninan.com
 
- Di masa pandemi covid 19, Universitas Kuningan (Uniku) yang notabene sebagai kampus pertama dan menjadi kebanggaannya masyarakat Kabupaten Kuningan, terus mengukir  prestasi yang membanggakan dan mengharumkan nama lembaganya di kancah nasional.

Kali ini, Uniku mendapatkan kepercayaan dari Kementerian Pendidkan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI) sebagai salah satu perguruan tinggi yang lolos pada program Kredensial Mikro Mahasiswa Indonesia (KMMI) tahun 2021.

Informasi terkait lolosnya perguruan tinggi yang tergabung dalam UI Green Metric dan terkenal dengan jargonya “Green Campus”, diperoleh dari surat yang dikeluarkan oleh Kemendikbud RI tanggal 26 Juni 2021 dengan nomor 2861/E2/KM.07.00/2021.

“Alhamdulillah, Uniku kembali mendapatkan kepercayaan dari Pemerintah dengan lolosnya pada program KMMI tahun 2021. Pertama kali ikut, Uniku langsung mendapatkan kepercayaan. Ini anugrah dan amanah yang harus dipertanggungjawabkan bahwa Uniku memiliki kualitas dan berdaya saing. Perlu dicatat, hanya beberapa perguruan tinggi saja di Jawa Barat yang dinyatakan lolos pada program tersebut,” kata Rektor Uniku Dikdik Harjadi  didampingi para Wakil Rektornya, Selasa (29/06/2021).

Menurutnya, program KMMI ini dalam rangka mendukung kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, telah menawarkan kepada perguruan tinggi untuk melaksanakan program Kredensial Mikro Mahasiswa Indonesia (KMMI) 2021.

“Sampai saat ini, proses solialisasi, penawaran program kepada perguruan tinggi dan seleksi tahap I berupa administrasi dan proposal serta seleksi tahap II yaitu wawancara kepada perguruan tinggi calon pelaksana program KMMI telah terlaksana dengan baik,” ujarnya.

Berkaitan dengan hal itu, Uniku sebagai salah satu perguruan tinggi yang lolos seleksi tahap II dan didanai untuk melaksanakan program KMMI tahun 2021.

“Daftar course dan jumlah mahasiswa yang disetujui untuk setiap perguruan tinggi dapat dilihat melalui sistem akun KMMI masing-masing perguruan tinggi melalui laman https://kmmi.kemdikbud.go.id/. Uniku siap melaksanakan program tersebut,” tuturnya.

Dijelaskannya, Uniku sekarang sedang mempersiapkan pengisian formulir dan akan menandatangani kontrak kerja.

“Antara Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi dengan Perguruan Tinggi (Uniku) melalui tautan https://s.id/FormIsianKMMI2021 paling lambat tanggal 2 Juli 2021,” jelasnya.

Dikdik mengungkapkan, Universitas Kuningan (Uniku) berkomitmen untuk terus mengupayakan berbagai program pengembangan mahasiswa sehingga Program Kredensial Mikro Mahasiswa Indonesia selaras dengan pola yang selama ini telah dikembangkan Universitas Kuningan (Uniku).

“Sebagai bukti komitmen Uniku dalam mendukung program Kredensial Mikro Mahasiswa Indonesia (KMMI), maka Uniku untuk menyiapkan pengembangan studio bahan ajar, penyediaan alat-alat pengembang bahan ajar serta pengadaan alat-alat penunjang kegiatan. Tim Pelaksana adalah tim yang dibuat berdasarkan SK Rektor dengan Ketua Pelaksana adalah Kepala Biro Kemahasiswaan dan Akademik sesuai bidang program KMMI,” ungkapnya.

Dikatakannya, kesiapan modul yang akan digunakan dalam program Kredensial Mikro Mahasiswa Indonesia (KMMI) sudah mencapai 75 % dan dijadwalkan pada minggu ke 4 Juni mencapai 100 %.

“Tim pengajar yang akan terlibat dalam program Kredensial Mikro Mahasiswa Indonesia (KMMI) berjumlah 73 orang dengan komposisi 46 pengajar internal dan 27 pengajar dari mitra DUDI,” katanya.

Lebih jauh, sambung Rektor yang kembali mimpin Uniku di periode kedua ini, untuk menjamin pelaksanaan program Kredensial Mikro Mahasiswa Indonesia (KMMI) Uniku menyiapkan dua (2) peraturan yang mengatur proses pelaksanaan program KMMI.

“Seperti peraturan Rektor No 812/UNIKU-KNG/PP/2021 SK SOP pelaksanaan program KMMI dan peraturan Rektor No 812/UNIKU-KNG/PP/2021 SK SOP pelaksanaan program KMMI,” sambungnya.

Diakhir keterangannya, Dikdik berharap, semoga setiap proses yang sedang dijalani dapat berjalan dengan baik, lancar dan sukses. “Semoga, diberikan kelancaran dan kesuksesan. Mohon doa dan dukungannya,” harapnya.

Sekedar informasi saja, Uniku juga di tahun 2021 sedang berjuang pada program PHP2D, Kontes Tari Nasional dan Pilmapres.

“Semoga, kembali mendapatkan kepercayaan dan mengharumkan nama Uniku di kancah nasional. Uniku Jaya….!!!,” pungkasnya. (Humas UNIKU/Elly Said)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.