CUACA BURUK, PULUHAN TON IKAN KERAMBA WADUK DARMA MATI


Seputarkuningan.com - 
Puluhan ton ikan mati mendadak milik para petani jala apung di perairan Waduk Darma Desa Jagara Kecamatan Darma Kabupaten Kuningan. Akibatnya, petani jala terapung ini mengalami kerugian hingga ratusan juta rupiah, total ikan yang mati sekitar 50 ton.

Yoyo salah seorang petani ikan  mengaku kaget setelah ribuan ekor ikannya mati bahkan tidak bisa diselamatkan. 

“Kejadiannya sudah berlangsung selama 2 hari. Mungkin akibat cuaca buruk akibat pergantian musim. Selain itu diperparah dengan adanya arus balik di dasar waduk yang menyebabkan sisa pakan yang mengendap terdorong ke jaringan apung sehingga ikan kekurangan oksigen," kata Yoyo kepada seputarkuningan.com, Kamis (17/6/2021).

Ikan-ikan yang mati ini jenis ikan nila dan ikan mas. Untuk mengurangi kerugian yang cukup besar, para petani ikan ini menjual ikannya dengan harga murah. Ikan Nila dijual dengan harga 5 ribu rupiah dan ikan mas dengan harga 7 ribu rupiah per kilogramnya. Padahal, harga normal untuk ikan nila 23 ribu rupiah dan ikan mas 25 ribu rupiah per kilogramnya. 

Hal senada diungkapkan petani ikan lainnya, Adin, yakni karena cuaca ekstrem yang menyebabkan ikan-ikannya mati. Dia mengaku, kondisi tersebut juga terjadi tahun lalu.

Dengan adanya peristiwa ini, para petani ikanberharap adanya bantuan dari pemerintah agar tidak mengalami kerugian yang lebih besar. (Elly Said)




   

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.