KUNJUNGI DESA CIBUNTU, SANDIAGA : DESA WISATA SIMBOL KEBANGKITAN EKONOMI NASIONAL


Seputarkuningan.com - 
Disambut dengan atraksi tarian penyambutan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang juga sebagai Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabinet Indonesia Maju, Sandiaga Salahudin Uno mengunjungi Desa Wisata yang berada di Kabupaten Kuningan yaitu Desa Cibuntu Kecamatan Pasawahan, Senin (31/5/2021).

Tak sendiri, mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu ditemani artis Cinta Laura dan Ega Noviantika yang turut mengunjungi desa wisata. Sandi beserta rombongan meninjau tempat-tempat wisata alam yang ada di Desa Cibuntu tidak lupa, Sandi dan Cinta pun mencoba terapi ikan di lokasi tersebut.

Sandi menjelaskan kunjungan ke Kampung Wisata, Desa Cibuntu Kecamatan Pasawahan Kabupaten Kuningan terasebut, dalam rangka sosialisasi Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021.

 "Anugerah desa wisata ini adalah bentuk keberpihakan, bentuk ekonomi yang berkeadilan untuk membantu Saudara-Saudara kita yang betul-betul membutuhkan, yaitu warga di Pulau Bali. Satu tahun sudah pandemi mendera dan butuh sekali sentuhan kita. Butuh sekali keberpihakan agar kita bisa membangkitkan ekonomi, memulihkan pariwisata, khususnya di Kabupaten Kuningan," ujar Sandi.

Desa Cibuntu dipilih dalam kegiatan sosialisasi ini, karena Desa Cibuntu dikenal sebagai juara dilevel ASEAN untuk pariwisata. Desa Cibuntu pernah menyabet sebagai desa wisata terbaik urutan kelima tingkat ASEAN tahun 2016 untuk bidang homestay. Selain itu, tahun 2017 terpilih sebagai desa wisata terbaik peringkat dua di Indonesia dalam perhelatan Community Based Tourism (CBT) Kementrian Pariwisata Indonesia.

"Karena pandemi, maka desa terpaksa harus mencari cara untuk dapat survive dan menghasilkan pendapatan lain yang tidak hanya sekedar berpangku pada pekerjaan mayoritas masyarakatnya saja. Dengan mulai mengusung konsep desa wisata sudah tentu akan menambah nilai tambah desa itu semdiri," imbuh Sandi.

Maka dari itu, kata Sandi, pemerintah melalui Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ingin memberikan program yang tepat sasaran, tepat manfaat dan tepat waktu untuk masyarakat. 

"Harapan Kemenparekraf ini kita dapat fokus pada pemulihan ekonomi nasional. Dan program desa wisata ini menjadi simbol munculnya kebangkitan ekonomi nasional," harap Sandi.

Sandi juga menjelaskan Anugerah Desa Wisata 2021 merupakan program unggulan Kemenparekraf Republik Indonesia untuk membangkitkan semangat para insan pariwisata. Program penobatan Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 mengusung tema “Indonesia Bangkit”.

 Kategori penilaian meliputi homestay, toilet, suvenir, desa digital, CHSE, content creatif, dan daya tarik wisata. Pemenang Anugerah Desa Wisata ini akan diumumkan pada 7 Desember 2021. Sebagaimana diketahui CHSE adalah singkatan dari Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan), dan Environment (Ramah lingkungan). CHSE mulai diterapkan di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia sejak September 2020.

Hadir di acar tersebut, Bupati Kuningan, Wakil Bupati Kuningan, Kapolres Kuningan, Dandim 0615 Kuningan, Kadisporapar Kabupaten Kuningan serta tamu undangan lainnya. (Elly Said)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.