7 POLSEK DI POLRES KUNINGAN TAK LAGI MILIKI KEWENANGAN PENYIDIKAN


Seputarkuningan.com - 
Tujuh polsek di wilayah hukum Polres Kuningan tidak lagi memiliki kewenangan penyidikan. Ketujuh polsek tersebut adalah Polsek Jalaksana, Polsek Ciawigebang, Polsek Cibingbin, Polsek Subang, Polsek Garawangi, Polsek Lebakwangi dan Polsek Pasawahan.

Keputusan tersebut sesuai Surat Keputusan Kapolri Nomor: Kep/613/III/2021 tentang Penunjukan Kepolisian Sektor Hanya Untuk Pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat Pada Daerah Tertentu (Tidak Melakukan Penyidikan) per tanggal 23 Maret 2021 yang ditandatangani langsung Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Kriteria yang menentukan ketujuh polsek tersebut tidak lagi memiliki kewenangan penyidikan sesuai dengan keputusan Kapolri adalah hanya menerima kurang dari 10 LP pertahun dan waktu tempuh dari polsek ke polres dapat ditempuh kurang dari 1 jam.

"Dengan demikian, Kepolisian Sektor (Polsek) pada saat masuk ke penyidikan,  seluruh berkas penyidikan dilimpahkan kepada tingkat Kepolisian Resor (Polres). Polsek-polsek tersebut lebih menitikberatkan kepada pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat," kata Kapolres Kuningan AKBP Doffie Fahlevi Sanjaya melalui Wakapolres Kuningan Kompol Jaka Mulyana saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (6/4/2021).

Akan tetapi, kata Wakapolres, polsek tersebut masih bisa melakukan proses penyelidikan suatu perkara dari mulai proses awal hingga penyelidikan hanya saja ketika masuk ke tahap penyidikan dilimpahkan ke Satreskrim Polres Kuningan. 

Wakapolres menyebut, di polsek tersebut masih dapat melakukan mediasi atau mendamaikan suatu perkara. Tidak semua masalah harus diselesaikan melalui ranah pengadilan.

"Kegiatan seperti itu merupakan ultimum remedium yang artinya bahwa hukum pidana hendaklah dijadikan upaya terakhir dalam penegakan hukum. Ketika misalnya kedua belah pihak masih ada hubungan saudara ataupun kerugian yang ditimbulkan tidak terlalu besar maka hal itu dapat dimusyawarahkan," papar Wakapolres.

Wakapolres menambahkan, pihaknya tentu saja akan melaksanakan apa yang sudah menjadi keputusan dari Kapolri.

"Saat keputusan tersebut turun, kami sudah menyampaikan kepada kapolsek-kapolsek. Dari 20 polsek di wilayah hukum Polres Kuningan ada 7 yang termasuk ke 1.062 polsek yang tidak lagi memiliki kewenangan penyidikan," pungkas Wakapolres. (Elly Said)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.