MESKI PANDEMI COVID-19, SANGKAN PARK TETAP BERTAHAN


Seputarkuningan.com -
Selama masa pandemi Covid-19 selama satu tahun ini, tingkat kunjungan ke kawasan objek
Sangkan Resort Aqua Park, Kabupaten Kuningan mengalami penurunan hingga 80 persen selama. Jika sebelum pandemi dalam sehari pada kondisi normal rata-rata pengunjung mencapai 100 orang, sejak pandemi hanya sekitar 20 orang saja.

Artinya, dalam kurun waktu satu tahun terakhir sejak muncul pandemi virus corona, kerugian yang dialami pengelola wisata Sangkan Park ini cukup signifikan. Sehingga tak sedikit karyawan terpaksa dirumahkan karena minimnya pemasukan akibat penurunan pengunjung.
"Dampak terbesar itu dari sisi sumber daya kita, karyawan-karyawan terpaksa ada yang terkena PHK. Sebab operasional harus terus jalan, listrik dan pemeliharaan butuh biaya, itu yang paling terkena dampaknya," kata Pengelola Sangkan Resort Aqua Park Kuningan, Hanyen Tenggono kepada awak media, Selasa (2/2/2021).

Hanyen mengaku, kerugian yang dialami akibat adanya pandemi ini mencapai hampir 80 persen dalam setahun. Biasanya, sehari-hari jumlah pengunjung mencapai 100 orang sedangkan saat ini di masa pandemi hanya sekitar 20 orang saja.

"Namun kami tetap mensyukurinya masih bisa tetap bertahan, walaupun dalam keadaan merangkak. Sebab tak sedikit usaha pariwisata di tempat lain terpaksa ditutup akibat dampak COVID-19," ujar Hanyen.
Oleh karena itu, lanjut Hanyen, apapun kondisinya Sangkan Resort Aqua Park harus tetap bangkit. Karena banyak karyawan yang mesti mendapat penghidupan untuk kebutuhan keluarganya masing-masing.

"Kita harus tetap harus bangkit meski mulai merangkak. Kita juga harus menyesuaikan dengan kondisi new normal saat ini. Apalagi kita sudah mendapatkan sertifikasi CHSE dari Kemenpar RI," ujar Hanyen.

Sertifikat CHSE ini adalah Clean, Health, Safety dan Environment atau kebersihan, kesehatan, keselamatan dan kelestarian lingkungan.

Hanya saja, kata Hanyen, ada beberapa hal yang dilakukan oleh pihaknya salah satunya adalah dengan adanya voucher 25 ribu untuk masuk waterpark, itu dapat dibeli di merchant atau outlet-outlet tertentu yang sudah bekerja sama. Jadi voucher ini dapat dipakai kapan saja dan berlaku selama satu bulan sejak pemvelian.


"Jadi sudah promo diskon besar-besaran dengan harga normal water park Rp 75 ribu menjadi Rp 25 ribu. Karena sekarang masih suasana pandemi, di lokasi wisata kita juga terapkan prokes ketat dengan menyediakan fasilitas cuci tangan, ukur suhu tubuh dan menerapkan sistem jaga jarak," pungkas Hanyen. (Elly Said)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.