DUGAAN MALPRAKTEK KMC LURAGUNG SEBABKAN BAYI ALYSIA MENINGGAL


Seputarkuningan.com - 
Laskar Merah Putih Indonesia (LMPI) Cabang Kuningan yang dikomandoi Ujang Jenggo mendatangi Gedung DPRD Kabupaten Kuningan, Selasa (30/3/2021).

Kedatangan LMPI ini mempertanyakan kejelasan atas dugaan malpraktek yang dilakukan oleh Rumah Sakit KMC Luragung yang menyebabkan meninggalnya bayi Alysia Pinaela Hermawan usia 11 bulan warga Desa Garajati Kecamatan Ciwaru. Selain itu, banyaknya laporan dari warga atas dugaan yang sama, maka LMPI meminta RS KMC Luragung agar ditutup.

Menurut Ketua LMPI Cabang Kuningan Ujang Jenggo, berawal sakitnya Alysia karena diare yang kemudian dibawa ke RS KMC Luragung. Diduga akibat kelalaian perawat di rumah sakit, hingga Alysia kekurangan cairan dan mengalami dehidrasi, kemudian dipindahkan ke ruang ICU anak hanya saja nyawa Alysia tidak tertolong.

Diterima langsung oleh Komisi IV serta turut hadir perwakilan dari IDI Kuningan, Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Kuningan, Perwakilan RS KMC Luragung dan Kasat Reskrim Polres Kuningan.

Dalam audiensi tersebut, Ujang meminta kepada Komisi IV agar pihak-pihak yang hadir dapat menjelaskan tentang kejadian yang menimpa bayi Alysia.

"Saya minta kejelasan dari yang hadir di sini sudah sampai sejauh mana kasus kematian bayi Alysia ini," kata Ujang yang juga sebagai ayah kandung Bayi Alysia.

Ketua Komisi IV, Tresnadi, meminta kepada masing-masing pihak untuk memberikan penjelasan. Dinas Kesehatan Kabupaten Kuningan yang diwakili oleh Sekretaris Dinas, Farid, mengatakan bahwa pihaknya sudah melakukan pemanggilan terhadap RS KMC Luragung dan juga sudah turun langsung ke rumah sakit tersebut. Begitu juga dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Kuningan mengaku telah mengirimkan saksi ahli untuk dilakukan pemeriksaan oleh pihak Satreskrim Polres Kuningan.

Di akhir audiensi, Tresnadi menjanjikan akan membentuk tim khusus untuk menangani kasus kematian Alysia. 

"Kami akan membentuk tim khusus untuk menangani kasus ini dan nanti hasilnya akan kami beritahukan," ujar Tresnadi. (Elly Said)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.