CATAT SEJARAH, KASI INTEL KEJAKSAAN JABAT KABAG HUKUM PEMKAB KUNINGAN


Seputarkuningan.com - 
Meski bukan yang pertama di Jawa Barat, akan tetapi yang pertana di Kabupaten Kuningan. Seorang pejabat internal Kejaksaan Negeri Kuningan yang menjabat sebagai Kasi Intel Kejaksaan Negeri Kuningan Mahardika Rahman berpindah tugas menjadi ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kuningan. Kasi Intel Kejari Kuningan tersebut turut dilantik bersama 241 pejabat lainnya dan resmi menduduki jabatan sebagai Kepala Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten Kuningan. 

Prosesi pelantikan dilakukan langsung oleh Bupati Kuningan Acep Purnama di Pendopo Pemkab Kuningan. Jum'at (12/3/2021). Saat dikonfirmasi usai melakukan pelantikan, Bupati Kuningan Acep Purnama menegaskan tidak ada alasan khusus dengan diangkatnya Kasi Intel Kejaksaan Negeri Kuningan menjadi Kepala Bagian Hukum Pemkab Kuningan. 

"Sebelumnya, saya bertemu Pak Mahardika, lalu saya tanya benar serius jawabnya iya serius. Kemudian saya komunikasikan dengan instansinya melalui Pak Kajari dan gayung bersambut. Tidak ada alasan khusus. Mungkin ini petunjuk Allah SWT. Di saat saya butuh, di saat Pak Budi pindah bertugas, saat saya mencari ketemu pak Mahardika ini," kata Acep kepada awak media. 

Acep berharap, kehadiran Kabag Hukum yang baru dapat menjadi motivasi bagi semuanya. Acep menganggap, jika kebutuhan pejabat untuk mengisi jabatan tertentu menjadi hak prerogatif pimpinan daerah. 

"Dalam aturan diperbolehkan kok, misalnya begini apakah saya boleh meminta ajudan dari unsur TNI atau Polri, tentu saja boleh. Buktinya sekarang saja ada patwal dari Lantas Polres Kuningan kalau misalnya jadi ajudan saya, ya bisa saja," ujar Acep. 

Acep menyebut, jika jabatan yang diemban Mahardika Rahman sebagai Kabag Hukum hanya untuk 3 tahun ke depan. Nantinya dapat dihentikan ataupun diperpanjang.

"Untuk 3 tahun ke depan, kalau sudah 3 tahun bisa diperpanjang lagi. Ini memang yang pertama di Kuningan tapi bukan yang pertama di Jawa Barat," kata Acep.

Sementara itu, Kabag Hukum Mahardika Rahman mengatakan bahwa dirinya diminta oleh Bupati Kuningan untuk menjadi Kabag Hukum di jajaran Pemkab Kuningan. 

"Saya diminta Pak Bupati untuk menjadi Kabag Hukum. Istilahnya dikaryakan. Dari Kejagung pun sudah memberikan ijin saya menjadi kabag hukum. Sewaktu-waktu bisa diminta kembali.Ini untuk 3 tahun ke depan. Nantinya sih terserah pimpinan daerah saja," ujar Mahardika.

Mahardika menambahkan, langkah pertama yang akan dilakukan adalah mengkaji produk-produk hukum yang ada. Apakah ada yang perlu dievaluasi atau tidak. Ketika ditanya apakah ada target khusus dari Bupati Kuningan, Mahardika menjawab tidak ada target apa pun yang diberikan oleh bupati.

"Semuanya berjalan seperti biasa saja," pungkas Mahardika. (Elly Said)









Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.