VAKSINASI COVID-19 CIPTAKAN HERD IMMUNITY


Seputarkuningan.com - 
Pemerintah telah menetapkan pandemi Covid-19 sebagai bencana non alam. Adanya pandemi Covid-19 ini memberikan tantangan besar dalam upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat Indonesia. Pandemi Covid-19 yang melanda dunia, juga memberikan dampak yang terlihat nyata dalam berbagai sektor di antaranya sektor sosial, pariwisata dan pendidikan.

Maka dari itu, perlu segera dilakukan intervensi tidak hanya dari sisi penerapan protokol kesehatan saja namun juga diperlukan intervensi lain yang efektif salah satunya yaitu melalui upaya pemberian vaksin.

"Tujuan vaksinasi Covid-19 ini salah satunya adalah untuk membentuk kekebalan kelompok atau herd immunity, menurunkan kesakitan dan kematian akibat Covid-19, melindungi dan memperkuat sistem kesehatan secara menyeluruh dan menjaga produktifitas serta meminimalkan dampak sosial dan ekonomi," papar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kuningan dr. Susi Lusiyanti melalui Kabid P2P dr Denny Mustafa kepada awak media, Kemarin.

Denny menambahkan, vaksinasi ini didasarkan pada Perpres No. 99 tahun 2020 tentang pengadaan vaksin dan pelaksanaan vaksinasi dalam rangka penanggulangan pandemi Covid-19 serta Permenkes No. 84 tahun 2020 tentang pelaksanaan vaksinasi dalam rangka penanggulangan pandemi Covid-19.

"Jenis vaksin yang dapat digunakan pun sesuai dengan keputusan Menteri Kesehatan No. HK.01.02/MENKES/9860/2020 tentang penetapan jenis vaksin untuk pelaksanaan vaksinasi Covid-19," ujar Denny.

Dalam surat keputusan tersebut, menetapkan jenis dan kriteria vaksin yang dapat digunakan dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19, menetapkan bahwa vaksin hanya dapat digunakan bila sudah mendapat EUA dari BPOM dan perubahan terhadap jenis vaksin dapat dilakukan berdasarkan rekomendasi ITAGI dan pertimbangan KPCPEN.

"Pada tahap awal vaksinasi dilakukan untuk tenaga kesehatan dan dilanjutkan untuk masyarakat usia 18-59 tahun," pungkas Denny. (Elly Said)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.