LAUNCHING MOBIL PROMOSI PRODUK UMKM, INI KATA BUPATI ACEP


Seputarkuningan.com - Bupati Kuningan H. Acep Purnama melaunching dua unit mobil operasional yang diperuntukkan  Promosi dan Pemasaran Produk UKM/IKM/ DEKRANASDA Kabupaten Kuningan dengan tema “Membangun Ekonomi Kerakyatan” di Kantor Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kuningan, Minggu (7/2/2021).

Dalam kesempatan tersebut,  Bupati menyampaikan rasa syukur karena ditengah pembatasan aktifitas karena covid-19 acara launching 2 unit kendaraan untuk memperkenalkan UMKM, IMKM dan UP2K dapat berjalan lancar walaupun dengan berbagai keterbatasan yang penting manfaatnya dapat diterima dan dirasakan oleh masyarakat.

UMKM serta produk yang ada dalam mobil berjumlah 80 produk dengan daftar UMKM diantaranya PMKM Prima, Arisku, PKK KAB, Darma wanita, Askun (Deskranasda), El-Arbah, Kunciku, serta Padi UMKM.

“Dulunya ini adalah kendaraan dari Dinas kesehatan untuk penyuluhan ke desa-desa tetapi sudah lama tidak terpakai, kemudian  di ubah fungsi dan manfaatnya. Inysa Allah ini adalah langkah yang cukup strategis untuk produktifitas masyarakat,” ujar Bupati.

Selain itu Bupati juga mengingatkan untuk mulai hari ini untuk mempersiapkan diri dalam sisi administratif, persyaratan, pelaksanaan, dan aktifitas.

"Karena melalui kegiatan ini secara tidak langsung sedang membranding diri kita melalui produk yang akan kita olah dan kita hasilkan," imbuh Bupati.

Bupati menambahkan, karena sekarang sudah jaman promosi dan transaksi online kenapa ini tidak dilakukan. Untuk sasaran pemasarannya adalah ke tempat ramai dan mungkin sesekali ke acara desa, karena yang dipasarkan adalah produk-produk dari semua desa.

Bupati juga menyampaikan,  untuk UMKM, IMKM, termasuk UP2K sedang dipikirkan oleh pemerintah agar mendapatkan kepercayaan dari seluruh masyarakat yang harus dibuktikan dengan mencantumkan sertifikasi halal, PIRT, dan BPOM.

Sementara itu,  Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kuningan Uu Kusmana menyampaikan,  dalam peningkatan daya saing produktifitas dan kualitas, Dinas Koperasi UKM dan Perindustrian Kabupaten Kuningan sudah didukung oleh Program Pusat Pelayanan Terpadu Koperasi UMKM, untuk menyediakan layanan yang konprehensif dan berintegritas.

Pembangunan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah serta Perdagangan dan Penelitian yang dilaksanakan oleh Dinas Koperasi UKM dan Perindustrian Kabupaten Kuningan tidak terlepas dari visi Kabupaten Kuningan, Maju Agamis Pinujul berbasis Desa tahun 2023.

“Program ini sangat strategis, pemanfaaatnya harus dimaksimalkan akan menjadi sebuah sentral, mencari lokasi yang strategis. Untuk memperkuat peran pasar, melalui anggaran pusat dan provinsi, akan meningkatkan kualitas pasar, seperti diketahui, pada tahun ini, bisa meminta kepada provinsi untuk merevitalisasi pasar kepuh, tidak lama lagi kita akan merevitalisasi mei juni akan dilaksanakan, agar pasar kepuh memiliki standar pasar nasional," ujar Uu. 

Selain itu, Dinas Koperasi UKM dan Perindustrian Kabupaten Kuningan akan menjaga harga pasar agar tetap stabil, serta konsisten untuk menuntaskan kemiskinan bersama PKK, dalam rangka mendukung lapangan pekerjaan dan penanggulangan kemiskinan,

Uu juga menjelaskan, Dinas Koperasi UKM dan Perindustrian Kabupaten Kuningan mempunyai tujuan untuk membuat Bank Data.

"Sudah rampung 90%, sebentar lagi sudah bisa dilakukan pendataan, Bank Data bisa bermaanfaat, berisikan data mengenai jumlah UMKM, Pelaku Usaha, PKL dan Toserba," kata Uu.

Turut hadir dalam acara tersebut Ketua Dekranasda Kabupaten Kuningan, Ketua Tim Penggerak Pkk Kabupaten Kuningan Hj. Ika Acep Purnama, Ketua Darma Wanita Persatuan Kabupaten Kuningan, Ketua PMKM beserta jajarannya, Ketua Kelompok Paguyuban UMKM serta tamu undangan lainnya. (Elly Said)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.