LEWAT AKSI DOOR TO DOOR, JURNALIS DI KUNINGAN GALANG DANA


Seputarkuningan.com - 
Sisa-sisa longsor yang terjadi di Desa Cihanjuang Kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumedang yang terhadi pada Sabtu (9/1/2021) masih menyisakan duka dan pencarian terhadap korban longsor masih terus dilakukan. 24 korban ditemukan dalam keadaan meninggal dan 16 lainnya masih dalam pencarian. Hari ini, Jum'at (15/1/2021) gempa tektonik terjadi di Majene Sulawesi Barat sekitar pukul 01.28 Wib atau pukul 02.28 WITA.

Bencana yang terjadi tersebut, mengundang kepedulian dari baeragam pihak salah satunya para jurnalis yang ada di Kabupaten Kuningan.

Para pemburu berita ini melakukan penggalangan dana bagi korban longsor di Sumedang dan gempa bumi di Majene Sulawesi Barat secara spontan, Jum'at (15/1/2021).

Aksi penggalangan dana ini dilakukan secara door to door, dengan diawali di Mapolres Kuningan. Kotak bantuan langsung diedarkan kepada para anggota kepolisian. Bahkan, Dandim 0615 Kuningan Letkol Czi David Nainggolan dan Kapolres Kuningan AKBP Doffie Fahlevi Sanjaya tampak merogoh koceknya dan menyumbangkan ke kotak sumbangan.

Hal tersebut mendapat apresiasi langsung dari Kapolres Kuningan AKBP Doffie Fahlevi Sanjaya. Menurut Kapolres, kegiatan yang dilakukan para jurnalis tersebut adalah hal yang baik.

"Sebagai wujud kepedulian sosial terhadap sesama, tentunya hal yang dilakukan teman-teman jurnalis ini sangat baik," kata Kapolres.

Senada dengan Kapolres, Dandim 0615 Kuningan Letkol Czi David Nainggolan juga memberikan apresiasinya dengan aksi simpatik yang dilakukan para pemburu berita di Kabupaten Kuningan ini.

"Kepedulian sosial untuk kemanusiaan itu tidak terbatas ruang dan waktu. Dan para jurnalis hari ini membuktikannya lewat aksi sosial yang dilakukannya. Mereka menunjukkan aksi nyatanya," ujar Dandim.

Dandim berpesan kepada masyarakat terutama yang berada di wilayah rawan bencana,  agar berhati-hati dan waspada terhadap bencana alam di musim penghujan ini.

Sementara itu, Kordinator Aksi, Elly Said, mengungkapkan, aksi jurnalis peduli ini bukan pertama kali dilakukannya. Kegiatan aksi kali ini, kata Elly, dilakukan secara spontan. Aksi yang dilakukan secara door to door dengan mendatangi beberapa lokasi.

"Aksi ini kami lakukan secara spontan setelah tadi bersama teman-teman yang lainnya berkumpul. Untuk penyalurannya, nanti kami akan melakukan kordinasi dengan pihak yang ada di lokasi bencana ataupun melalui lembaga kemanusiaan. Karena mereka yang lebih mengerti kebutuhan di sana dan semoga dapat bermanfaat," ujar Elly. (RED)








Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.