BUPATI KUNINGAN GAGAL JADI ORANG PERTAMA YANG DIVAKSIN


Seputarkuningan.com - 
Wakil Bupati Kuningan M. Ridho Sugandha dinominasikan menjadi orang pertama yang akan menerima suntikan vaksin Covid-19 bersama 9 orang lainnya di Kabupaten Kuningan. 

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kuningan dr Susi Lusiyanti didampingi Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) dr. Denny Mustafa saat dikonfirmasi. Menurut Susi, ada 10 orang pertama yang akan menerima suntikan vaksin Covid-19. Di antaranya, Wakil Bupati Kuningan, Forkopimda, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kuningan, Ketua Organisasi Profesi dan Kepala Dinas Kesehatan.

"Ada 10 orang pertama yang akan menerima suntikan vaksin Covid-19 ini. Karena Pak Bupati tidak bisa disuntik vaksin, maka wakil bupati yang akan menjadi orang pertama yang akan disuntik bersama 9 orang lainnya," kata Susi kepada seputarkuningan.com, saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (25/1/2021).

Untuk tempat launching pertama penyuntikan vaksin ini, sudah mempersiapkan Puskesmas Garawangi sebagai tempatnya. 

Ketika ditanya alasan Bupati Kuningan tidak ikut dalam penyuntikan ini, Kabid P2P dr Denny Mustafa menjelaskan, vaksin Covid-19 yang diterima oleh Kabupaten Kuningan adalah vaksin sinovac yang peruntukkannya hanya bisa disuntikkan kepada usia 18 tahun hingga 59 tahun.

"Karena Pak Bupati usianya di atas 60 tahun, maka Pak Bupati tidak bisa ikut dalam penyuntikan vaksin ini," ujar Denny.

Karena vaksin yang dibeli oleh Indonesia tidak hanya jenis Sinovac saja, ada jenis lainnya yang bisa peruntukkannya untuk usia di atas 60 tahun.

Untuk Kabupaten Kuningan, kata Denny, tanggal 26 Januari 2021 vaksin akan diterima yang nantinya akan di tempatkan di beberapa tempat. Jumlah vaksin yang akan diterima hingga data hari ini, lanjut Denny, sebanyam 4.320 vaksin yang akan disimpan di 50 fasilitas kesehatan yang ada di Kabupaten Kuningan.

"4.320 vaksin tersebut penggunaannya untuk dua kali periode penyuntikan. 1 orang itu 2 kali disuntik dengan jarak 2 minggu setelah penyuntikan pertama," kata Denny. (Elly Said)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.