20 NAKES TERPAPAR COVID-19, 2 PUSKESMAS DITUTUP


Seputarkuningan.com - 
Sejumlah tenaga kesehatan di Puskesmas Kuningan dan Puskesmas Maleber Kabupaten Kuningan terpapar Covid-19. Mengakibatkan, dua puskesmas tersebut ditutup selama 3 hari. Untuk pelayanan kesehatan sementara dialihkan ke puskesmas terdekat.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kuningan dr Hj. Susi Lusiyanti didampingi Kepala Bidang P2PL dr Denny Mustafa ketika dikonfirmasi membenarkan adanya sejumlah nakes yang terpapar Covid-19.

"Ada 20 orang nakes yang terpapar, yaitu 9 nakes dari Puskesmas Kuningan dan 11 nakes dari Puskesmas Maleber. Saat ini, kami tidak bisa memastikan dari kluster mana mereka terpapar karena transmisi lokal sudah cukup banyak," kata Susi kepada awak media saat ditemui di Kantor Dinkes Kabupaten Kuningan, Kamis (21/1/2021).

Hingga saat ini, kata Susi, dari awal terjadinya pandemi sudah ada sekitar 181 orang nakes yang terpapar Covid-19. Dari 80% yang terpapar Covid-19, kebanyakan mereka merupakan Orang Tanpa Gejala (OTG) sehingga mereka dapat melakukan isolasi mandiri. 

"Kami selama ini berupaya untuk memprioritaskan kesehatan dan keselamatan para nakes. Jika ada yang terpapar, maka dilakukan isolasi mandiri secara sempurna yang artinya selama 14 hari menjalani isolasi. Kemudian, kemudian kami 0ff kan puskesmas jika yang terpapar lebih dari 5 orang selama 3 hari untuk memberikan waktu istirahat terhadap nakes lainnya," jelas Susi.

Kemudian, lanjut Susi, puskesmas pun dilakukan disinfektan dan juga diberikan vitamin serta obat-obatan bagi nakes.

Susi juga menyebutkan, ketersediaan kamar inap bagi pasien terpapar Cvid-19 di Kuningan masih dianggap cukup. Bahkan, selain 2 rumah sakit milik pemerintah daerah ada 4 rumah sakit milik swasta yang telah bekerja sama untuk menjadi rumah sakit pasien terpapar Covid-19, yaitu Rumah Sakit Permata, Wijaya Kusuma, Elsyifa dan Sekar Kamulyan. (Elly Said)



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.