TNI-POLRI SIAP AMANKAN NATAL DAN TAHUN BARU


Seputarkuningan.com - 
Sebanyak 978 personel gabungan dari TNI, Polri, Dishub, Satpol PP, BPBD, Dinas Kesehatan serta mitra kamtibmas Polres Kuningan diterjunkan dalam operasi ini untuk memastikan kegiatan  Natal 2020 dan tahun baru 2021 aman menyesuaikan kondisi di tengah pandemi COVID-19.


 Kapolres Kuningan AKBP Lukman Syafri Dandel Malik mengatakan, sesuai Surat Edaran Bupati Kuningan, masyarakat tidak boleh membuat kegiatan perayaan Natal dan tahun baru yang menimbulkan keramaian dan berkumpulnya massa serta tidak sesuai dengan protokol kesehatan (prokes) COVID-19.

"Ibadah Natal tetap bisa dilaksanakan dengan berpedoman pada protokol kesehatan dan aturan yang berlaku. Dan untuk menjaga kondusifitas kamtibmas dan protokol kesehatan selama Natal dan tahun baru, kami lakukan operasi Lilin  2020. Ratusan personel kami tempatkan di sejumlah titik untuk menjaga situasi dan memastikan pelaksanaan kegiatan yang digelar masyarakat sesuai dengan protokol kesehatan," kata Kapolres kepada awak media usia Apel gelar pasukan, Senin (22/12/2020).

Kapolres meminta masyarakat selama perayaan Natal dan tahun baru, tetap berkomitmen menjaga protokol kesehatan. Yang akan diantisipasi saat ini, kata Kapolres, adalah perayaan tahun baru. Sesuai dengan intruksi dari Bupati Kuningan bahwa tidak ada perayaan tahun baru.

"Perayaan tahun baru kali ini tidak ada hiburan malam, pagelaran musik ataupun pesta kembang api. Untuk kafe-kafe juga akan diberlakukan jam operasional hingga pukul 21.00 Wib," ujar Kapolres.

Dalam melakukan pengamanan, pihaknya menyiapkan 1 Posko Utama yaitu di Mako Polres Kuningan, 3 pos pengamanan yaitu di Bojong Cilimus, Pos Citamba dan Cipasung. Kemudian 15 pos pam gereja, dan 17 pos gatur yang tersebar di beberapa titik wilayah hukum Polres Kuningan dan tempat-tempat wisata," kata Kapolres.

Kapolres menyatakan, meski Kuningan tergolong aman dan kondusif, jajaran Polres Kuningan tidak boleh lengah, sehingga kondusifitas keamanan dan ketertiban masyarakat harus dijaga agar tetap aman.

Senada dengan Kapolres, Dandim 0615 Kuningan Letkol Czi David Nainggolan menyatakan TNI dan POLRI akan bersama-sama dengan Pemerintah Kabupaten Kuningan mengamankan Nataru.

"Kami bersama Polri dan Pemerintah Kabupaten Kuningan akan mengamankan libur Nataru ini, hingga masyarakat merasa aman dan nyaman dalam menjalankan kegiatanya," ujar Dandim.

Dandim berharap, masyarakat Kuningan dapat mematuhi aturan protokol kesehatan yang telah ditentukan, sehingga dapat membantu pemerintah menekan angka penyebaran Covid-19. (Elly Said)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.