JALIN SINERGITAS, GNPK RI JABAR DATANGI KANTOR LBH ELIT


Seputarkuningan.com - 
Berbicara masalah korupsi merupakan pembicaraan yang tidak pernah selesai. Sejarah peradaban manusia menunjukkan bahwa soal korupsi selalu ada di setiap zaman dan di setiap tempat. Hal yang berbeda umumnya menyangkut modus saja dimana hampir selalu menyiasati aturan hukum yang berlaku di zamannya masing-masing. Semakin ketat aturan maka semakin cantik pula permainannya. Bahkan mereka yang tertangkap umumnya dinilai sedang sial saja, atau dianggap mainnya tidak cantik.

Untuk menjalin sinergitas dalam rangka pemberantasan korupsi, Ketua Gerakan Nasional Pencegahan Korupsi Republik Indonesia (GNPK RI) Jawa Barat Nana S Hadiwinata beserta jajarannya pengurus mengunjungi Kantor Lembaga Bantuan Hukum (LBH) ELIT di Desa Margasari Kecamatan Luragung Kabupaten Kuningan, Selasa (10/11/2020).

Di LBH ELIT, Tim GNPK-RI Jawa Barat disambut oleh Penanggung Jawab LBH ELIT Sukendar. Kunjungan tersebut bertujuan untuk menjalin sinergitas dalam melakukan pemberantasan korupsi di Kabupaten Kuningan.

Menurut Nana, kunjungan ini juga sebagai strategi pendekatan yang bisa dilakukan secara paralel dengan melibatkan sebanyak mungkin lembaga-lembaga,  tokoh masyarakat dan juga tokoh agama dengan segala instrumennya sebagai bagian upaya pencegahan korupsi yang berkelanjutan. 

"Pemberantasan tindak pidana korupsi merupakan serangkaian tindakan untuk mencegah dan memberantas tindak pidana korupsi melalui upaya koordinasi, supervisi, monitor, penyelidikan, penyidikan, penuntutan dan pemeriksaan di sidang pengadilan dengan peran serta masyarakat berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku," ujar Nana kepada seputarkuningan.com. 

Nana menambahkan, itulah sebabnya GNPK RI Jawa Barat mengunjungi Kantor LBH ELIT untuk menjalin sinergitas dan kerja sama untuk bersama-sama membantu pemerintah dalam memberantas korupsi. 

Termasuk di dalamnya terus merangsang partisipasi publik untuk ikut serta dalam membantu pengawasan guna memberantas praktik korupsi di berbagai bidang. Kerja sama dengan berbagai komponen masyarakat termasuk ormas/LSM pegiat antikorupsi dan lembaga bantuan hukum. 

"Itulah sebabnya GNPK RI lahir menjadi salah satu organisasi pegiat antikorupsi ternama di tanah air. Fokus utama sesuai namanya, yaitu di bidang pencegahan sebagai bagian terpenting dari upaya pemberantasan korupsi," kata Nana. 

Sementara itu, Penanggung Jawab LBH ELIT Sukendar, menyambut baik kunjungan GNPK RI Jawa Barat ke Kantor LBH ELIT.

 "Semoga sinergitas ini bisa bersama-sama membantu pemerintah dalam membarantas korupsi," kata Sukendar. (Elly Said)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.