VERIFIKASI AKHIR P2WKSS TAHUN 2020 DI DESA CIPANCUR


Seputarkuningan.com - 
Bupati Kuningan H. Acep Purnama hadiri acara Kegiatan Verifikasi Akhir Program Terpadu P2WKSS Tahun 2020 di Pendopo Poyan Madu Desa Cipancur Kecamatan Kalimanggis Kabupaten Kuningan, Rabu (21/10/2020). Hadir dalam acara tersebut Ketua Tim Pengerak PKK Kabupaten Kuningan Hj. Ika Acep Purnama, Wakil Ketua TP PKK, Hj. Yoan Ridho Suganda, Para kepala SKPD anggota tim pengelola program terpadu P2WKSS Kabupaten Kuningan, Penasehat Ketua Kampus Perempuan Politik Indonesia Kabupaten Kuningan, Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan Kalimanggis, Kepala Desa Se-Kecamatan Kalimanggis, Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Kalimanggis serta,Ketua Tim PKK Desa Cipancur Eva Susilawati, perwakilan BUMN, BUMD, Perbankan dan Perguruan Tinggi sebagai mitra kerja program terpadu P2WKSS, Ketua BPM LPM, dan Karangtaruna.

Program Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS) merupakan program yang dilaksanakan setiap tahun. Tujuan program ini diantaranya adalah untuk meningkatkan status pendidikan, kesehatan dan ekonomi.

Program ini memiliki manfaat yang sangat besar bagi desa. Yakni untuk mendorong dan menggalakkan peran serta masyarakat secara aktif sebagai upaya mewujudkan keluarga sehat dan sejahtera agar tercipta pembangunan masyarakat desa, dengan perempuan sebagai penggeraknya. Pengembangan keluarga terutama wanita dan anak merupakan salah satu upaya untuk mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Sebelum program ini dilaksanakan, Desa Cipancur sangat memerlukan perhatian di segala sektor. Masih terdapat beberapa permasalahan yang ada, baik fisik maupun non fisik yang bermuara kepada tingkat kesejahteraan masyarakat yang masih kurang. Disamping itu, Desa Cipancur sebelumnya belum memiliki area terbuka sebagai sarana penunjang kreatifitas anak

Maka,  dengan keputusan Bupati Kuningan nomor 140/kpts.297-dinsos-pp-pa/2018 tanggal 07 Mei 2018, Desa Cipancur Kecamatan Kalimanggis ditetapkan sebagai lokasi desa binaan Program Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera Tahun 2020.

Dalam laporan yang disampaikan oleh Ketua Tim PKK Desa Cipancur Eva Susilawati, pelaksanaan kegiatan P2WKSS didesanya, sepanjang tahun 2020 dititik beratkan kepada 100 KK binaan yang diharapkan menumbuh kembangkan semangat dan jiwa partisipatif masyarat desa cipancur dalam proses pembangungan pemberdayaan masyarakat desa khususnya perempuan.

“Program unggulan P2WKSS dilaksanakan berdasarkan kondisi desa. Perencanaan program unggulan bertujuan untuk meningkatkan pemanfaatan program terpadu. Pembangunan yang dilaksanan antara lain membentuk sebuah lingkungan baru dari pemanfaatan lahan tanah bengkok yang berada di Dusun Pahing, pembangunan gedung pos pembangunan pelayanan masyarakat terpadu, program bersama membangun desa menata sumber pangan keluarga, dan pembangunan taman edukasi ramah anak. Dengan program ini diharapkan masyarakat dapat mengatasi kesulitan pangan akibat dampak pandemi covid 19," papar Eva.

Sementara itu,  Bupati Kuningan berterimakasih kepada seluruh pihak yang telah membantu kegiatan Verifikasi Akhir Program Terpadu P2WKSS Tahun 2020. Khususnya peran wanita yang memotivasi keluarga untuk meciptakan prestasi dan prestasi.

“Dengan program P2WKSS ini saya berharap akan menjadi motivasi bagi seluruh lingkungan yang ada di Desa Cipancur ini. Saya titipkan kepada masyarakat desa dan karang taruna untuk membimbing adik-adiknya untuk menggunakan waktu dengan pembangunan dan inovasi," ujar Bupati.

Usai acara Bupati kuningan bersama rombongan berkeliling untuk melihat Kebun Bibit Desa, Terajana (Taman Edukasi Ramah Jang Anak), Kesekretariatan Poyan Madu (Pos Pelayanan Masyarakat terpadu), Tugu Kampung KB dan melihat produk-produk UMKM Unggulan Desa Cipancur. (Humas Pekab Kuningan Bid IKP Diskominfo/Elly Said)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.