SIAP-SIAP, SELAMA 14 HARI POLISI GELAR OPERASI ZEBRA


Seputarkuningan.com - 
Jajaran  Satuan Lalu Lintas Polres Kuningan   menggelar apel gelar pasukan  dalam rangka pelaksanaan Operasi Zebra Lodaya tahun 2020 tingkat Polres Kuningan. Apel gelar pasukan ini diikuti oleh TNI, Satpol PP Kabupaten Kuningan dan Dinas Perhubungan Kabupaten Kuningan.

Pelaksanaan apel gelar pasukan Operasi Zebra Lodaya 2020 tingkat Polres Kuningan  ini dilaksanakan di halaman Mapolres Kuningan, Senin (26/10/2020).

Apel dipimpin langsung Kapolres Kuningan AKBP Lukman Syafri Dandel Malik diikuti Wakapolres Kuningan Kompol Jaka Mulyana, serta dihadiri oleh seluruh pejabat utama Polres Kuningan. 

Kapolres Kuningan AKBP Lukman Syafri Dandel Malik mengatakan, apel gelar pasukan ini dilaksanakan dalam rangka mengecek kesiapan dan melepas personel melakukan Operasi Zebra Lodaya 2020 tingkat Polres Kuningan.  Operasi Zebra ini dilaksanakan selama 14 hari mulai 26 Oktober hingga 8 November 2020.

Dalam sambutannya, Kapolres mengatakan bahwa sesuai amanat UU RI No. 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jala, Polri khususnya Polantas bersama pemerintah, memiliki tanggung jawab menjaga keamanan dan kelancaran lalu lintas. 

Dengan adanya Operasi zebra ini, diharapkan dapat menurunnya titik lokasi kemacetan, turunnya pelanggaran lalu lintas serta terciptanya kamseltibcar lantas yang aman dan kondusif.

"Dalam operasi zebra kali ini, kami lebih mengedapankan tindakan preemtif 45%, preventif 45% dan untuk tindakan hukum hanya 10%," ujar Kapolres kepada awak media usai melaksanakan apel gelar pasukan.

Akan tetapi, kata Kapolres, petugas kepolisian tetap akan melakukan tindakan tegas kepada para pelanggar lalu lintas, terutama pelanggaran yang bisa membahayakan pengguna jalan lainnya.

"Tidak menggunakan helm, menggunakan hp saat berkendara, tidak menggunakan sabuk pengaman, bonceng tiga, melawan arus dan tidak membawa kelengkapan berkendara tetap akan kami lakukan tindakan," ujar Kapolres.

Kapolres menegaskan, pengendara yang menggunakan knalpot brong/racing tetap menjadi sasaran pada operasi Zebra ini. Begitu juga dengan penegakkan penerapan protokol kesehatan.

"Penegakkan disiplin penerapan protokol kesehatan pun tetap kami lakukan," kata Kapolres.

Di masa pandemi kali ini, lanjut Kapolres, pelaksanaan operasi zebra dilakukan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. (Elly Said)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.