BANYAK DIKELUHKAN WARGA, POLISI AMANKAN PULUHAN MOTOR KNALPOT BISING


Seputarkuningan.com - 
Satlantas Polres Kuningan mengamankan sejumlah sepeda motor berknalpot bising selama melakukan operasi penertiban kendaraan roda dua. Selama 13 hari ini, ada 47 kendaraan yang berhasil diamankan. Selain berknalpot bising, juga turut ditertibkan kendaraan roda dua yang menggunakan ban tidak sesuai standar.

Menurut Kasat Lantas Polres Kuningan AKP Rizki Syawaludin Akbar melalui KBO Satlantas Polres Kuningan IPTU Sutarja Fakhrudin, operasi penertiban ini dilaksanakan sejak tanggal 6 Oktober 2020 hingga sekarang.

"Kegiatan ini kami lakukan sebagai tindak lanjut banyaknya keluhan masyarakat yang merasa terganggu dengan adanya kendaraan bermotor yang menggunakan knalpot bising," kata Sutarja kepada seputarkuningan.com saat dikonfirmasi, Selasa (20/10/2020).

Menurut Sutarja, penggunaan knalpot bising telah melanggar undang-undang No 22/2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) dengan sanksi bagi pengguna knalpot bising yakni pidana kurungan paling lama satu bulan atau denda paling banyak Rp 250.000.

Para pengguna motor yang kendaraannya diamankan, lanjut Sutarja, dapat mengambil kendaraannya dengan membawa knalpot yang asli serta menggantinya. Selanjutnya, knalpot bising ini akan dimusnahkan.

“Diharapkan dengan penertiban ini masyarakat akan menyadari dan taat terhadap peraturan Lalu Lintas tidak hanya terhadap knalpot bising, dan juga masyarakat tidak akan terganggu oleh knalpot bising yang merupkan polusi suara," pungkas Sutarja. 


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.