TIM SABER PUNGLI JAWA BARAT TURUN KE KUNINGAN


Seputarkuningan.com - Tim Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Jawa Barat mengunjungi Kabupaten Kuningan terkait dengan pencegahan, penindakan, dan keberadaan UPP Saber Pungli Kabupaten Kuningan.  Kunjungan Tim Saber Pungli Jawa Barat ini untuk bersinergis dengan daerah  agar tidak ada praktik pungutan liar yang dilakukan oleh pelayan publik.

Tim Saber Pungli Jawa Barat dipimpin langsung oleh Ketua Satgas Saber Pungli Jabar Kombes Pol Drs. Syahri Gunawan yang didampingi oleh Kabid OPS AKBP Harso Pudjo Hartono, Kabid Datin Pembina TK I M Yudi Ahadiat, Pokja Pencegahan Pembina Madya Ahmad Kapi Sutisna, Pokja Penindakan Kapten Pom Gingin Ginanjar. Rombongan Tim Saber Pungli Jabar diterima langsung Bupati Kuningan Acep Purnama di Pendopo Kabupaten Kuningan, Selasa (4/8/2020).

Dalam kunjungannya ini, Tim Saber Pungli  Jabar menilai Kabupaten Kuningan dianggap mampu menekan dan mencegah adanya pungli.

"Ini merupakan kunjungan audiensi Satgas Saber Pungli Jabar dengan UPP Saber Pungli Kabupaten Kuningan. Alhamdulillah, untuk Kuningan mampu menekan terjadinya pungli. Dengan anggaran yang diberikan Pemda Kuningan sebesar 750 juta rupiah setiap tahun, tentunya harus mampu menekan pungli yang terjadi," kata Ketua Pelaksana  Saber Pungli Jabar Kombes Pol Syahri Gunawan kepada awak media usai melakukan pertemuan.

Tim Saber Pungli Jabar telah menangani hampir 10.000 kasus pungli yang tercatat sejak Januari hingga Juli 2020. Dari jumlah kasus pungli tersebut ada yang kecil seperti juru parkir liar atau pak ogah. Penanganannya dibedakan karena dilakukan pembinaan, sedangkan yang besar dikenakan pidana dan diproses hukum lebih lanjut.

Di tempat yang sama Bupati Kuningan Acep Purnama mengatakan bahwa keberadaan Tim Saber Pungli sangat membantu Pemerintah Daerah dalam rangka  menciptakan pemerintahan yang baik yaitu clean and good government.

"Selama ada kehidupan, saya akui pungli pasti masih ada. Justru dengan keberadaan saber pungli ini dilakukan pencegahan agar tidak terjadinya pungli. Pencegahan yang dilakukan oleh saber pungli di Kuningan dalam bentuk  pembinaan dan pendampingan kepada seluruh elemen masyarakat. Karena di dalamnya, ada pihak kepolisian, kejaksaan, inspektorat, TNI serta seluruh steakholder terkait," ujar Bupati. 

Kunjungan diakhiri dengan melakukan poto bersama Tim Saber Pungli Jabar dan UPP Saber Pungli Kabupaten Kuningan. (Elly Said)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.