POLISI TURUT BERJIBAKU BANTU PADAMKAN API DI LERENG CIREMAI



Seputarkuningan.com - Kebakaran lahan  terjadi di Kawasan TNGC Blok Cirendang Desa Padabeunghar Kecamatan Pasawahan Kabupaten Kuningan, Senin (17/8/2020). Kebakaran diketahui terlihat sekitar pukul 12.00 Wib di Blok Curendang.

Tak tinggal diam, TNI Polri pun turut membantu memadamkan kebakaran tersebut. Sekitar 50 anggota Polres Kuningan turut dikerahkan untuk membantu kebakaran hutan. Kapolres Kuningan AKBP Lukman Syafri Dandel Malik mengatakan, stelah mendapat informasi adanya kebakaran maka pihak kepolisian langsung turut membantu memadamkan api.

"Ada sekitar 50 personil Polres Kuningan ditambah 9 personil yang menggunakan motor penyemprot, mobil taktis berikut alat penyemprotnya dan alat pemukul api. Selain dari kami, dibantu juga oleh TNI, BPBD serta masyarakat dan relawan," ujar Kapolres kepada seputarkuningan.com yang turut membantu di lokasi kebakaran.


Kapolres mengatakan, bahwa lahan yang terbakar itu tidak produktif dan hanya berisi semak belukar. Luas lahan yang terbakar diperkirakan sekitar 14.89 hektar. 

"Api dapat dpadamkan sekitar pukul 20.35 Wib.  Memang saat ini musim kemarau masih berlangsung dan sumber air umumnya mengering sehingga rawan terjadi kebakaran, apalagi lahan tersebut berisi semak belukar," imbuh Kapolres.  

Dikatakan Kapolres, penyebab kebakaran hingga saat ini belum diketahui dan masih diselidiki.

Kapolres berharap warga selalu waspada. Pasalnya, musim kemarau yang masih terjadi saat ini dapat mengakibatkan tanaman mengering sehingga rawan terjadi kebakaran. 

"Kami setiap saat sudah menghimbau warga agar waspada akan kebakaran dan tidak membakar sampah terutama pembakaran di lahan mengingat cuaca saat ini sangat panas,” ujar Kapolres. (Elly Said)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.