KEMBANGKAN TANAMAN HIDROPONIK, POLRES KUNINGAN DUKUNG KETAHANAN PANGAN


Seputarkuningan.com - 
Polres Kuningan berhasil mengembangkan pertanian dengan sistem hidroponik guna mewujudkan ketahanan pangan di masa pandemi Covid-19. Menurut Kapolres Kuningan AKBP Lukman Syafri Dandel Malik, tanaman hidroponik merupakan budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah. Hanya dibutuhkan penekanan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman.

"Karena tidak ada lahan yang cukup di Mapolres untuk melakukan cocok tanam, maka kami melakukannnya dengan cara hidroponik. Dengan teknik ini lebih menggunakan air sebagai media tanamnya sehingga teknik ini lebih efisien," kata Kapolres kepada awak media di Area penanaman sayuran hidroponik Mapolres Kuningan, Senin (3/8/2020).

Berbagai jenis sayuran yang ditanam yaitu ada kangkung, sawi, pokcay, salada, bayam serta jenis lainnya. Selain sayuran hidroponik, ada juga tanaman buah-buahan seperti strawbery, apel, jambu air dan lain-lainnya.

"Selain itu, bisa juga dilakukan tumpang sari dengan membuat kolam ikan. Ada tiga jenis ikan yang kami sebar di sini yaitu ikan nila, mujair dan lele. Alhamdulillan, kegiatan penanaman hidroponik ini sudah berjalan selama tiga bulan. Dan sekarang saatnya untuk panen," ujar Kapolres yang didampingi Wakapolres Kompol Jaka Mulyana, Para Kabag serta Para Kasat dan Polwan.

Bahkan, kata Kapolres, penanaman sayuran dengan cara hidroponik ini telah dilaksanakan di beberapa polsek yang berada di wilayah hukum Polres Kuningan.

"Sudah ada 5 polsek yang melakukan penanaman hidroponik ini dengan memanfaatkan halaman yang berada di mapolseknya," ujar Kapolres. (Elly Said)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.