BIMTEK DESA BIAYA 6,5 JUTA DI SAAT COVID-19 DIANGGAP TIDAK RELEVAN


Seputarkuningan.com - Rencana DPC APDESI Kabupaten Kuningan yang akan mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi para Kepala Desa dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yang akan dilaksanakan di Hotel Yello Pasir Kaliki Bandung dinilai sangat tidak relevan di saat pandemi Covid-19 ini. Dalam surat DPC APDESI Kabupaten Kuningan yang ditujukan kepada Kepala Desa se-Kabupaten Kuningan dituliskan bahwa Bimtek akan dilaksanakan pada tanggal 26-30 Agustus 2020 dan 2-6 September 2020 dengan biaya untuk 2 orang sebesar Rp 6.500.000.

Menurut salah seorang kepala desa yang enggan disebutkan namanya menyebutkan, Bimtek pada saat pandemi Covid-19 sekarang ini bukan menjadi kebutuhan mendesak. Dalam penanganan Covid-19 ini, anggaran Dana Desa banyak yang dialihkan untuk penangan Covid-19,sehingga tidak ada lagi anggaran untuk Bimtek.

"Secara regulasi desa diminta segera melakukan perubahan APBDes tentang Dana Desa tahun 2020 dengan tidak lagi memasukan anggaran Bimtek kedalam APBDes. tentu saja kami keberatan dengan adanya Bimtek tersebut, Jangankan buat bimtek, sekolah saja diliburkan," ujarnya.

Situasi pandemi Covid-19, aggaran didesa untuk pembangunan dan belanja modal serta pelatihan semuanya dialihkan untuk penanganan Covid-19.

"Apalagi sekarang pemberian BLT desa diperpanjang untuk 3 bulan ke depan. Kasihan masyarakat sedang menjerit dampak dari corona butuh perhatian dan bantuan khusus dari pemerintah desa," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Kuningan Dudi Pahrudin melalui Kabid Pemerintahan Desa Akhmad Faruk mengatakan, bahwa Bimtek tersebut murni dari APDESI sebagai penyelenggaranya dan sifatnya hanya penawaran saja kepada desa.

"Tidak ada pemaksaan atau mewajibkan ikut bimtek tersebut. Itu tergantung kepada pihak desa mau ikut atau tidak," kata Faruk saat dikonfirmasi seputarkuningan.com melalui pesan Whatsapp Senin (17/8/2020).

Faruk menegaskan, pihak DPMDes tidak pernah mewajibkan kepada desa untuk ikut bomtek tersebut karena tidak ada keharusan. (Elly Said)



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.