LEGISLATOR KUNINGAN BIMTEK DI MASA PANDEMI COVID-19 DISOAL


Seputarkuningan.com - 
Kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) anggota DPRD Kabupaten Kuningan yang akan dilaksanakan Jum'at-Sabtu (10-11/7/2020) di tengah Pandemi Covid-19 sangat disayangkan. Semangat kerja mereka yang berjuluk Yang Terhormat (Wakil Rakyat) Kabupaten Kuningan dalam menjalankan kewajibannya, dipastikan akan memunculkan "rasa kagum"  dari Rakyat yang diwakilinya.

Betapa tidak ? Usai melaksanakan kewajibannya menemui konstituennya melalui program reses dengan anggaran melebihi angka 1 Milyar rupiah (dengan asumsi 1 anggota mendapat kucuran anggaran 23 juta rupiah)  belum juga usai, telah disusul dengan agenda Bimtek yang biasanya diselenggarakan di luar Kota. 

"Tentunya, kegiatan bimtek yang bertujuan untuk lebih menyempurnakan wawasan dan meningkatkan kapasitas para anggota Legislatif ini, patut diduga juga akan "menelan" biaya yang tidak sedikit.  Rasa kagum tadi juga terkait keberanian mereka (anggota DPRD) yang terkesan tidak ada rasa takut untuk beraktifitas dalam kondisi Kabupaten Kuningan yang saat ini berstatus PSBM, serta banyak pihak sedang disibukan dan bahu membahu untuk segera "menyingkirkan" virus corona," ujar Ketua F-TEKAD Kabupaten Kuningan Sujarwo.

Mang Ewo biasa disapa menambahkan,  dalam situasi hiruk pikuk terkait pandemi , serta guna menghemat anggaran yg menurut seorang pejabat eksekutif disebutnya sebagai "kiamat anggaran" apakah tidak cukup menarik bagi anggota legislatif.

Jika bisa, kata Mang Ewo, pelaksanaan Bimtek bisa ditangguhkan. Kalaupun karena kebutuhan yang sangat mendesak untuk dilaknakan bimtek, apakah akan mengurangi niilai  jika dilakukan secara virtual. 

"Jika mereka (anggota Dewan) tak merasa keberatan untuk melaksanakan Bimtek secara virtual, tentunya tidak sedikit anggaran yang dapat dihemat. Dari anggaran hasil penghematan tadi, tentunya akan lebih dapat dirasakan manfa'atnya, jika disalurkan kepada rakyat yg "terpuruk" secara ekonomi akibat adanya Covid-19," tandas Mang Ewo. 

Mang Ewo sangat menyayangkan hal ini, seharusnya mereka memberikan contoh yang baik kepada masyarakat untuk tidak melakukan kunjungan keluar kabupaten. (Elly Said)

No comments

Powered by Blogger.