INSENTIF TENAGA KESEHATAN COVID-19 DI KUNINGAN SUDAH CAIR

Kadinkes Kuningan Hj. dr. Susi Lusiyanti

Seputarkuningan.com - 
Setelah melalui proses pengajuan, insentif tenaga kesehatan (nakes) di dua rumah sakit, Dinas Kesehatan Kabupaten Kuningan, dan puskesmas akhirnya cair. Hanya saja anggaran yang telah disetujui tersebut hanya untuk RSUD 45 dan puskesmas saja. Sedangkan untuk Dinas Kesehatan dan RSUD Linggajati belum disetujui hingga sekarang.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kuningan Hj. dr. Susi Lusiyanti saat dikonfirmasi awak media. 

"Seminggu yang lalu, kami dapat informasi dari pihak BPKAD bahwa anggaran untuk insentif nakes sudah cair. Kenapa hingga saat ini masih belum dibagikan? karena aturan dari Kemenkes selalu berubah-rubah,terakhir dilakukan vicon pihak kemenkes menjelaskan bahwa anggaran tersebut masuk ke rekening Dinkes terlebih sesuai dengan SOP Bantuan Operasional Kesehatan (BOK)," kata Susi.

Nantinya, lanjut Susi, pencairannya akan langsung ke rekening masing-masing nakes melalui BPKAD. Untuk 3 bulan insentif nakes itu anggaran yang akan dicairkan sebanyak 2,5 milyar rupiah. Dengan rincian untuk RSUD 45 Kuningan sebesar 1 milyar rupiah dan 900 juta rupiah untuk puskesmas se-Kabupaten Kuningan.

"Sedangkan sisanya sebesar 500 juta rupiah akan dianggarkan untuk RSUD Linggajati. Sedangkan untuk besaran insentif yang dibagikan, itu diserahkan kepada pihak rumah sakit dan puskesmas masing-masing," kata Susi.

Untuk pencairan insentif nakes ini, lanjut Susi, menunggu verifikasi data dari Dinkes yang akan diserahkan kepada BPKAD yang kemudian pihak BPKAD yang akan membayarnya langsung melalui rekening masing-masing nakes.

Sedangkan untuk tenaga medis lainnya seperti supir ambulance, cleaning service dan tenaga medis lainnya yang tidak tercantum di aturan Kemenkes, Susi mengaku sedang mengupayakan agar tetap bisa mendapatkan insentif.

"Kami berusaha untuk secepatnya insentif nakes ini dapat dicairkan. Tinggal menunggu verifikasi data saja," ujar Susi. (Elly Said)

No comments

Powered by Blogger.