SOAL TINDAKAN POLISI, KAPOLRES KUNINGAN INGATKAN PERKAP NO. 1 TAHUN 2009


Seputarkuningan.com - 
Jajaran Kepolisian  kini diwajibkan untuk memahami semua peraturan dan hukum yang ada. Pasalnya, semua itu merupakan payung hukum yang harus dimiliki anggota kepolisian. Sehingga pengetahuan harus dimiliki oleh petugas penegak hukum yang berhubungan dengan tantangan tugas yang dimiliki. Di antaranya yaitu Peraturan Kepala Kepolisian (Perkap) No. 1 tahun 2009 tentang penggunaan kekuatan dalam tindakan Kepolisian.

Untuk mengingatkan kembali akan tugas-tugas yang dimiliki sesuai dengan Perkap No. 1 tahun 2009, Polres Kuningan melaksanakan sosialisasi, pada Selasa (9/6/2020) bertempat di Aula WSP Polres Kuningan. 

Puluhan anggota Polres Kuningan di antaranya Para PJU Polres Kuningan, Para Kapolsek, Para Perwira Sat Opsnal Polres, Para Kanit serta Kanit Shabara Polsek. Dalam kegiatan tersebut Kapolres Kuningan AKBP Lukman Syafri Dandel Malik bertindak langsung sebagai pemberi materi dan latihan. 

Menurut Kabag Sumda Polres Kuningan Kompol Dodo Nurwenda, mengungkapkan tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk mengingat kembali atas apa yang telah diberikan berupa peraturan yang berkaitan dengan pelaksanaan tugas.

"Kita dituntut untuk lebih profesional dalam menegakkan hukum sehingga dapat meminimalisir kesalahan di dalam melaksanakan tugas. Maka dari itu, kegiatan ini dilaksanakan," ujar Dodo kepada seputarkuningan.com, Selasa (9/6/2020).

Ada tiga metode yang disampaikan dalam kegiatan tersebut yaitu, penyampaian materi dan latihan, tanya jawab dan penayangan vidio penanganan pelaku kejahatan dari berbagai negara.

Dodo berharap dengan adanya kegiatan tersebut, para anggota kepolisian Polres Kuningan tetap paham akan tugas dan hukum yang harus dilaksanakan. (Elly Said)


No comments

Powered by Blogger.