PEREDARAN NARKOBA DIDALANGI NAPI DI LAPAS, KALAPAS DAN KEPALA BNNK BERTEMU


Seputarkuningan.com - Maraknya penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba yang didalangi oleh narapidana didalam lembaga pemasyarakatan, menjadi sebuah keprihatinan khusus bagi BNN dan Kemenkumham. Menanggulangi hal tersebut, maka pentingnya dilakukan koordinasi yang kuat antar keduanya harus saling dijaga dan diperkuat.

Sebagaimana acara silaturahmi dan koordinasi yang dilaksanakan oleh BNN Kabupaten Kuningan dan Lapas IIA Kuningan pada Senin (15/6/2020) di kantor BNN Kabupaten Kuningan. Rombongan pegawai dari Lapas IIA Kuningan yang dipimpin oleh Kalapas Gumilar Budirahayu mendatangi Kantor BNN Kuningan yang diterima langsung oleh Kepala BNN Kabupaten Kuningan, Edi Heryadi.

Dalam pertemuan ini, keduanya membahas tentang bagaimana permasalahan narkoba yang ada di Lapas dimana sebagian besar atau 75% penghuninya  adalah narapidana kejahatan narkoba. 

"Hal yang paling memprihatinkan adalah pencampuran antara narapidana pemakai dan pengedar di Lapas menjadi kendala penurunan prevalensi narkoba di Indonesia. Karena walau memiliki masa tahanan yang berbeda namun komunikasi keduanya bisa menciptakan pasar baru diluar lapas," ujar Gumilar.

Lebih lanjut, kedua pihak  meduskusikan masalah tersebut agar kedepannya tidak terulang terus.


Sependapat dengan Kalapas, Kepala BNN Kuningan Edi Heriyadi,  juga menyesalkan keadaaan ini. Menurutnya narkoba yang beredar diwilayah III yaitu Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan merupakan kiriman dari Jakarta. 

"Peredaran diwilayah ini dapat diputus asalkan ada kerjasama antar lembaga yang solid akan menhyukseskan program Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN)," ucap Edi.

Maka kedua lembaga akan melaksanakan video conference  yang turut mengajak Polres Kuningan terkait dengan diskusi Team Assesment Terpadu guna menginvestigasi dan memutus rantai jaringan.  Terjalinnya kerjasama dan koordinasi antar BNNK Kuningan dengan Lapas dalam program P4GN ini diharapkan dapat terus bersinergi dalam upaya menyelamatkan generasi bangsa khususnya di Kabupaten Kuningan dari peredaran narkoba. (Elly Said)


No comments

Powered by Blogger.