HASIL TEST SWAB MASSAL TAHAP I, 9 ORANG POSITIF COVID-19 TANPA GEJALA


Seputarkuningan.com - 
Bupati Kuningan H. Acep Purnama menyebutkan  terdapat 9 orang  yang terkonfirmasi positif Corona Virus Disease (COVID-19) dari 390 orang yang sudah melakukan tes swab  massal tahap pertama.1 yang berlokasi di Kecamatan Kuningan, Lebakwangi, Kramatmulya, Cilimus, Darma dan Cigugur. Dari hasil swab tahap pertama tersebut, diketahui ada 9 orang yang positif di antaranya dari cluster Kecamatan Kramatmulya sebanyak 3 orang, Kecamatan Kuningan 1 orang, Kecamatan Cigugur 1 orang, Kecamatan Darma 1 orang dan Kecamatan Lebakwangi 2 orang.

"Kami dari Pemerintah Kabupaten Kuningan sudah maksimal dalam melaksanakan penanganan kasus Covid-19 ini. Melihat data selama hampir 1 minggu ini menunjukkan kurva yang melandai, tentu kami sangat senang bahkan sudah 0 kasus untuk yang terkonfirmasi positif," kata Acep saat menggelar Jumpa Pers di Ruang Crisis Center Kabupaten Kuningan, Selasa (30/6/2020).

Akan tetapi, kata Acep, melihat hasil swab massal tahap pertama ini dirinya merasa prihatin dan kemungkinan PSBB akan dipertimbangkan kembali untuk dilanjutkan. Awalnya, lanjut Acep, PSBB Kuningan telah berakhir pada tanggal 26 Juni 2020 dan akan memasuki New Normal. Bahkan beberapa kegiatan ekonomi maupun pariwisata sudah mulai dibuka kembali.

"Karena adanya hasil swab massal ini, maka PSBB diganti menjadi Pembatasan Sosial Berskala Mikro (PSBM) yang difokuskan pada lokus tertentu sesuai dengan wilayah yang terpapar," ujar Acep.

Beberapa kebijakan yang sudah dikeluarkan sebelumnya akan ditinjau kembali pelaksanaannya. Dengan akan diberlakukannya PSBM, maka tentu akan kembali berpengaruh terhadap aktivitas sektor pariwisata, ekonomi, keagamaan, sosial budaya, hajatan, serta kegiatan olahraga.

"Patroli gabungan pun akan mulai kembali digencarkan nanti malam. Maka dari itu, kami menghimbau kepada masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker, jaga jarak dan hindari berkerumun," kata Acep. (Elly Said)





Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.