DESA CIKASO DAN LINGGASANA BERPREDIKAT KAMPUNG TANGGUH LODAYA 2020

Seputarkuningan.com - 
Ketangguhan masyarakat Desa Cikaso Kecamatan Kramatmulya Kabupaten Kuningan  dalam menangani penyebaran Covid-19 patut diacungi jempol. Sempat terpuruk dengan adanya warga desa tersebut yang terpapar Covid-19, kini Desa Cikaso menunjukkan ketangguhannya.

Peran aktif masyarakat dalam mencegah penularan Covid-19 membuat desa tersebut tak ada lagi yang positif Covid-19.
Kerja keras masyarakat Desa Cikaso membuat desanya mendapatkan predikat Kampung Tangguh Lodaya 2020.

Penyematan predikat tersebut dilakukan Kapolres Kuningan AKBP Lukman Syafri Dandel Malik, Selasa (23/6/2020). Hadir juga Bupati Kuningan Acep Purnama dan Dandim 0615 Kuningan Letkol Czi Karter Joy Lumi serta undangan lainnya.

Lukman  menjelaskan, Kampung Tangguh ini merupakan suatu rintisan program dari Kepolisian Republik Indonesia dalam pencanangan wilayah perdesaan yang siap dan tangguh terutama di masa pandemi dalam menanggulangi penyebaran Covid-19. Program kampung tangguh lodaya ini pun, pihak kepolisian menggandeng TNI dan Pemerintah Kabupaten Kuningan melalui Dinas Kesehatan.

"Memiliki 4 aspek faktor ketangguhan dalam pencegahan serta penanggulangan Covid-19. Diantaranya adalah ketangguhan informasi, ketangguhan keamanan, ketangguhan kesehatan dan ketangguhan sosial ekonomi (pangan)," kata Lukman.


Lukman menjelaskan bahwa dari laporan Gugus Tugas Kabupaten Kuningan terdapat 10 kasus positif. Namun berkat ketangguhan bersama di desa tersebut, kini sudah tidak ada lagi kasus positif Covid-19.

Lukman melanjutkan bahwa di kampung Tangguh Desa Cikaso ini juga terdapat aspek ketangguhan sosial ekonomi yang sangat baik.
Mulai dari peningkatan ekonomi dalam bentuk budidaya ikan , pertanian talas, dan juga bawang. 

"Juga ada beberapa produk olahan makanan setempat yang dapat dijual turut melengkapi ketangguhan Kampung Tangguh yang ada di Desa Cikaso," ungkap Lukman. 

Selain Desa Cikaso Kecamatan Kramatmulya, predikat Kampung Tangguh lodaya pun diberikan kepada Desa Linggasana Kecamatan Cilimus. (Elly Said)


No comments

Powered by Blogger.