2 KADES TERKONFIRMASI COVID-19, PERANGKAT DESA AKAN DITEST SWAB


Seputarkuningan.com - 
Dari 9 orang yang dinyatakan terkonfirmasi Virus Covid-19, 2 diantaranya merupakan kepala desa, 1 orang  tenaga kesehatan, 1 orang perangkat desa dan 5 lainnya warga. Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kuningan dr Susi Lusiyanti saat melakukan jumpa pers di Ruang Crisis Center Kabupaten Kuningan, Selasa (30/6/2020).

Menurut Susi, hasil test swab massal tahap pertama diterima pada Senin Malam dan  ini cukup mengagetkan dari 390 orang ternyata hasilnya 9 orang positif. Dari enam kecamatan hampir setiap kecamatan terdapat yang terkonfirmasi,dengan angka terbesar di Kecamatan Kramatmulya sebanyak 3 orang.

"Kita sedang tracking karena tadi telah dilakukan pemanggilan kepada kepala puskesmas yang berada di enam kecamatan tesebut. Kemungkinan nantinya, keluarga terdekat dari hasil tracking akan kami lakukan test swab. Sedangkan untuk 2 kepala desa yang positif, seluruh perangkat desanya akan kami lakukan test swab," kata Susi kepada awak media.

Susi melanjutkan, pihaknya bersama RSUD 45 dan RSUD Linggajati akan berembuk terlebih dahulu tindakan apa yang akan dilakukan terhadap 9 orang yang terkonfirmasi tersebut. 

"Kami belum mengetahui pasti kondisi kesehatan ke 9 orang tersebut saat ini. Mungkin akan dilakukan pemeriksaan lanjutan dan test swab kedua kalinya bagi mereka. Apakah akan dilakukan isolasi di rumah sakit atau isolasi mandiri? Masih dalam proses pembahasan," ujar Susi.

Susi menambahkan, hingga saat ini telah dilakukan test swab massal di 27 kecamatan dengan jumlah 1.242 orang. Susi pun telah meminta kepada Dinas Kesehatan Provonsi Jabar untuk dapat mengirimkan hasil yang lainnya secepatnya.

"Tidak menutup kemungkinan hasil selanjutnya pun akan terdapat kasus terkonfirmasi lagi. Bahkan, kami telah meminta tambahan sebanyak 1.500 test swab kembali dari provinsi," ujar Susi.

Nantinya, lanjut Susi,  akan diterapkan 3 prinsip dasar protokol kesehatan yaitu wajib menggunakan masker, jaga jarak dan hindari berkerumun banyak orang. (Elly Said)

1 komentar:

  1. Harus secepatnya dong diambil langkah isolasi di Ruma sakit, biar tidak menulari keluarga dan warga lainnya

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.