TIM GABUNGAN SIDAK PASAR TRADISIONAL, TEMUKAN DAGING IMPOR KEMASAN


Seputarkuningan.com - Untuk memastikan kebutuhan kebutuhan pokok tetap terjamin serta antisipasi adanya daging oplosan Kapolres Kuningan AKBP Lukman Syafri Dandel Malik didampingi Para Kasat, Dinas Perhubungan Kabupaten Kuningan, Satpol PP, Dinas Industri dan Perdagangan serta Perwakilan IDI Kabupaten Kuningan melakukan sidak ke Pasar Baru, Pasar Ancaran dan Toko Modern Yogya, Rabu (20/5/2020). Hal ini dilakukan selain memberikan himbauan kepada para pedagang secara langsung juga untuk mengantisipasi kenaikan harga sejumlah bahan pokok saat Ramadan dan jelang lebaran. 

Kapolres Kuningan AKBP Lukman Syafri Dandel Malik mengatakanu, selain memonitor harga, sidak  juga untuk memastikan stok bahan pokok terpenuhi hingga lebaran mendatang. 

”Tadi saya tanya pada sejumlah pedagang sampai hari ini stok masih aman dan harga bahan kebutuhan pokok masih cenderung stabil. Jadi masyarakat tidak perlu resah,”kata Kapolres kepada seputarkuningan.com di sela-sela kegiatannya.

Kapolres menambahkan, dalam kegiatan monotoring ini juga melakukan pengecekan terhadap mutu daging. Hal ini untuk mengantisipasi adanya daging oplosan yang terjadi di beberapa daerah. Sejauh ini, kata Kapolres, mutu daging baik daging sapi, daging ayam maupun daging kambing dalam kondisi fresh.

"Hanya saja tadi ditemukan adanya daging sapi impor dari India dalam bentuk kemasan dan dibekukan. Tanggal produksi tahun 2019 dan expirenya tahun 2021, untuk memastikan daging tersebut aman atau tidak untuk dikonsumsi kami membawa sample daging untuk dilakukan pemeriksaan di laboratorium," ujar Kapolres.


Usai monitoring di Pasar Baru dan Pasar Kepuh, rombongan melanjutkan monitoring di Toko Modern Yogya yang ada di Jl RE Martadinata. Di Yogya, Kapolres memantau secara langsung penerapan physical distancing. Kepada pihak pengelola, sesuai dengan intruksi Bupati Kuningan bahwa untuk toko yang menjual non sembako diharuskan tutup pada pukul 12.00 Wib sedangkan untuk penjualan sembako masih bisa buka hingga pukul 16.00 Wib.

"Hasil monitoring hari ini, sudah menunjukkan adanya kepatuhan warga untuk menggunakan masker di pasar dan untuk swalayan sudah menerapkan sistem antrian hingga dapat menjaga jarak dan pengunjung di luar pun sekarang disediakan tempat duduk hingga tidak antri berdesakan," pungkas Kapolres. (Elly Said)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.