BERIKAN PEMAHAMAN COVID-19, DIREKTUR RSUD 45 LAKUKAN SOSIALISASI


Seputarkuningan.com - 
Direktur RSUD 45 Kabupaten Kuningan dr Deki Saefullah memberikan pemahaman tentang penanganan dan pencegahan Covid-19 kepada 50 orang Tenaga Penggerak Desa (TPD) pada Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Kuningan. Menurut Deki, TPD juga memiliki tugas tambahan yaitu turut terjun ke lapangan guna  memberikan pemahaman seputar tata cara pencegahan dan penanganan bahaya penularan Covid-19. Sosialisasi ini dilaksanakan di Aula Kantor DPPKBP3A Kabupaten Kuningan, Minggu (17/5/2020).


Deki menjelaskan, bagaimana upaya penanganan dan pencegahan Covid-19. Bagaimana virus bisa menular kepada manusia. Bagaimana pula cara agar bisa mengantisipasi penularan virus tersebut.

"Dengan mengetahui fakta-fakta terkait virus ini, maka paling tidak mereka dapat melindungi dirinya sendiri. Sekaligus mengambil langkah pencegahan yang sesuai. Ikuti saran dari  tim kesehatan,” ujar Deki.

Deki menegaskan,  cara mencegah penyebaran Covid-19 yaitu dengan membersihkan tangan secara rutin. Gunakan sabun dan air, atau cairan pembersih tangan berbahan alkohol. Selalu jaga jarak aman dengan orang batuk atau bersin. Jangan sentuh mata, hidung atau mulut.

“Saat batuk atau bersin, tutup mulut dan hidung dengan lengan, atau tisu. Tetaplah di rumah jika merasa tidak enak badan. Jika demam, batuk atau kesulitan bernapas segera cari bantuan medis. Hubungi medis terlebih dahulu,” imbuh Deki.

Sementara itu, Kepala DPPKBP3A Kuningan Trisman Supriatna menyampaikan ucapan terima kasih kepada Direktur RSUD 45 dan dinas terkait yang selalu di garda terdepan dalam mempercepat penanganan Covid-19. Perjuangan dan pengorbanan mereka, tidak sendiri. Sebab ada pula TPD dan PKB (Penyuluh Keluarga Berencana).

“TPD dan PKB kita selalu siap memberikan penyuluhan kepada masyarakat luas terkait bahaya Covid-19. Maka, kita pertegas sosialisasinya kepada TPD agar mereka lebih paham. Sehingga ketika kembali sosialisasi ke masyarakat, mereka sudah menguasai selaiknya tim medis. Semoga dengan adanya materi yang disampaikan ini bisa ikut menumbuhkan kesadaran masyarakat agar lebih bisa menjaga kesehatan dan menjalankan pola hidup sehat,”kata Trisman. (Elly Said)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.