WASPADA COVID-19, PEMUDA DESA RAGAWACANA BENTUK SATGAS




Seputarkuningan.com - Gerakan Relawan Pemuda Pemudi Karang Taruna Insan Cita Desa Ragawacana Kecamatan Kramatmulya bersama Posyandu Remaja dan unsur masyarakat lainnya membentuk satgas pemuda sebagai bentuk kepedulian terhadap pandemi virus Covid-19. Secara swadaya satgas ini   melakukan penyemprotan kepada seluruh rumah masyarakat di desa tersebut. Termasuk fasilitas umum, seperti masjid dan sekolah yang ada di desa.

Ketua Karang Taruna Insan Cita Desa Ragawacana, Indra Kodratika, mengungkapkan aksi ini lahir dari kekhawatiran kelompok pemuda desa atas kondisi kemungkinan penyebaran Covid-19 di wilayah Kabupaten Kuningan khususnya di Desa Ragawacana.

"Ada beberapa warga yang datang dari luar kota, sehingga kami pun membatu dalam memberikan edukasi serta selebaran kepada para pemudik agar dapat mengikuti himbauan dari pemerintah daerah dan juga menghimbau agar dapat mengkarantina diri secara mandiri selama 14 hari," ujar Indra, Kemarin.
Dijelaskan Indra, kegiatan yang dilakukan tersebut merupakan inisiatif pemuda desa dan dilakuan secara swadaya. Bahkan aksi tersebut mendapat dukungan dari pemerintah desa setempat, Bhabinkamtibmas, serta bidan desa. Selain itu, mereka membagikan masker kepada para pedagang dan tukang ojek yang ada di Desa Ragawacana. 

Sementara itu, Kepala Desa Ragawacana, Rohendi, menyampaikan apresiasinya terhadap satgas yang dibentuk para pemuda tersebut. Rohendi menambahkan, pihaknya juga telah menempatkan beberapa posko  di titik perbatasan.

"Kami pun telah menempatkan beberapa posko di perbatasan yang masuk ke desa ini. Hal ini dilakukan untuk mendata pemudik dan melakukan pemeriksaan suhu tubuhnya," pungkas Rohendi. (Elly Said)

No comments

Powered by Blogger.