PASKA LONGSOR DI DESA CIBERUNG, POLRES KUNINGAN SALURKAN BANTUAN


Seputarkuningan.com - Paska terjadinya longsor yang mengakibatkan tertutupnya aliran Sungai  Cijolang hingga mengakibatkan air meluap hingga ke pemukiman warga pada Kamis (9/4/2020) sekitar pukul 20.00 Wib. Tebing Sungai Cijolang longsor hingga menutup aliran sungai. Sehingga mengakibatkan 8 rumah terendam luapan air sungai.  Wakapolres Kuningan Kompol Jaka Mulyana memimpin langsung  menyalurkan  bantuan sembako dan masker bagi warga di Dusun Walahar Desa Ciberung Kecamatan Selajambe.

Menurut Wakapolres, pemberian bantuan ini untuk membantu meringankan beban keluarga yang terkena musibah. Kejadian tersebut bermula, turunnya hujan dengan intesitas lebat yang dimulai sejak pukul 15.00 Wib hingga pukul 20.00 Wib yang mengakibatkan longsor susulan dari Bukit Loa Desa Sukajaya Kecamatan Rajadesa Kabupaten Ciamis yang menutup aliran Sungai Cijolang dan luapan air sungai merendam pemukiman warga di Rt 03 Rw 5 Dusun Walahar Desa Ciberung Kecamatan Selajambe. Terdapat 12 rumah warga  yang terancam terseret arus air sungai Cijolang apabila debit air yang semakin besar.


"Bantuan yang kami berikan ini sebagai bentuk kepedulian dan rasa empati dari Polres Kuningan terhadap warga yang menjadi korban tanah longsor ini," ujar Wakapolres kepada seputarkuningan.com usai memberikan bantuan, Kemarin.

Pihaknya melalui Polsek Selajambe telah melakukan koordinasi dengan pihak desa dan kecamatan untuk segera melakukan evakuasi terhadap warga yang tinggal di sekitar Sungai Cijolang sehingga tidak adanya korban jiwa. 

"Semoga tidak terjadi lagi longsor susulan. Kami menghimbau kepada warga yang tinggal di pinggiran sungai agar berhati-hati apabila terjadi hujan lebat," pungkas Wakapolres. (Elly Said)


No comments

Powered by Blogger.