KARANTINA WILAYAH PARCIAL DI KUNINGAN DIPERLUAS HINGGA 9 KECAMATAN

Situasi Pasar Ciawigebang dimulai berlakunya perluasan KWP

Seputarkuningan.com - Pemerintah Kabupaten Kuningan memperluas pemberlakuan Karantina Wilayah Parcial (KWP). Pada awal kebijakan ini berlaku hanya sepanjang Jalan Utama di Kuningan kota kini diberlakukan hingga mencapai 9 kecamatan. Kebijakan perluasan KWP ini tertuang dalam Surat Edaran Bupati Kuningan no. 440/1118/BPBD tertanggal 4 April 2020.

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Kuningan Dian Rahmat Yanuar, pelaksanaan perluasan KWP tersebut di mulai tanggal 5 April 2020 hingga batas waktu yang belum ditentukan.

"Perluasan KWP ini diambil dengan memperhatikan penyebaran covid-19 yang semakin meluas dan KWP ini terus kita evaluasi dari waktu ke waktu. Untuk pelaksanaannya dilakukan secara bertahap, sampai sejauh mana keefektifannya," ujar Dian dalam keterangan persnya, Minggu (5/4/2020).

Dian menyebutkan, kebijakan ini merupakan hasil keputusan bersama pihak terkait lainnya dalam rangka membatasi mobilisasi dan kerumunan massa dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Waktu pelaksaan KWP ini pun dimajukan menjadi pukul 18.00 Wib hingga pukul 06.00 Wib yang semula dimulai pukul 20.00 Wib hingga pukul 06.00 Wib. Adapun lokasi yang ditetapkan sebagai Karantina Wilayah Parsial (KWP) di
Kuningan adalah :

a) Wilayah Cilimus :
Pertigaan Caracas-Pertigaan Mandirancan, Sangkanhurip
Pasar Cilimus - Mandirancan

b) Wilayah Jalaksana : Manislor - Pasar Krucuk

c) Wilayah Kuningan :
Perigaan Rest Area Crendang-Siliwangi-Taman Kota- Pasar Darurat
Bunderan Cjoho-Ciporang-Ancaran-Oleced

d) Wilayah Kadugede :
Rumah Makan Cipondok- Pertigaan Bayuning

e) Wilayah Darma :
Gerbang Obyek Wisata Waduk Darma-Obyek Wisata Darmaloka

f) Wilayah Ciawigebang
• Kapandayan - Kadurama

g) Wilayah Cidahu :
- Perempatan Kojengkang - Cidahu

h) Wilayah Lebakwangi
- Oleced-Mekarwangi-Pertigaan Cineumbeuy - Alun-alun Luragung

i) Wilayah Luragung :
- Luragung - Cileuya - Pasar Cibingbin
- Luragung - Garajati - Baok - Ciwaru


Sekda meminta kepada Para Camat agar berkoordinasi dengan Danramil dan Kapolsek setempat terkait
pelaksanaan KWP dan pembagian petugas jaga setiap posko dengan maksimal petugas sebanyak 10 (sepuluh) orang per-shift dan melakukan sosialisasi surat edaran tersebut kepada masyarakat di wilayahnya masing-masing.

Adapun kendaraan yang diperbolehkan melintasi zona KWP adalah kendaraan pengangkut sembako, alat-alat medis, dan bahan bakar minyak (BBM) serta kendaraan yang telah mendapatkan ijin dari posko/check point perbatasan. (Elly Said)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.