SIDAK PASAR BARU, SATGAS PANGAN PASTIKAN HARGA BAHAN POKOK STABIL


Seputarkuningan.com - Satuan Tugas (Satgas) Ketahanan  Polres Kuningan melakukan inspeksi mendadak di Pasar Baru Kuningan, Selasa (24/3/3030). Sidak Tim Satgas Pangan ini   untuk memastikan stok kebutuhan pokok aman dan memantau harganya pasca merebaknya wabah virus Corona atau Covid-19. Sidak ini dipimpin langsung Ketua Satgas Pangan Kuningan yang juga sebagai Kasat Reskrim Polres Kuningan AKP Danu Raditya Atmaja beserta anggotanya.
“Dari pengecekan yang dilakukan, saat ini ketersediaan sembako dan kebutuhan pokok lainnya masih aman,” ungkap  disela-sela sidak kepada awak media.
Dikatakan Danu, dalam sidak beberapa komuditas seperti rempah-rempah dan bumbu dapur seperti jahe, bawang merah, bawang putih dan bawang bombay  mengalami kenaikan harga. Kenaikan harga yang signifikan terjadi pada bawang bombay yang sebelumnya Rp 60.000 per kilogramnya kini naik menjadi Rp 150.000 per kilogramnya. Sedangkan harga jahe merah mencapai Rp 80.000 per kilogramnya.
“Alhamdulilah dalam kegiatan sidak pasat ini hanya ditemukan beberapa harga yang mengalami kenaikan diantaranya rempah-rempah. Bahkan beberapa harga barang kebutuhan pokok ada yang stabil bahkan turun. Saya berharhap, ke depan stok dan stabilitas harga hahan pokok tetap stabil dan tidak terjadi kelangkaan,” ujar Danu.

Selain rempah-rempah, harga bahan pokok dianggap masih dalam kondisi stabil. Hanya saja gula putih mengalami kenaikan yang semula Rp 12.500 kini mencapai harga Rp 18.000. Kenaikan ini, kata Danu, sudah terjadi sejak bulan Januari 2020 lalu.

"Harga gula putih memang mengalami kenaikan, hanya saja kenaikan ini sudah terjadi sejak bulan Januari lalu. Kenaikannya secara bertahap hingga mencapai harga yang sekarang," imbuh Danu.

Hingga saat ini, Danu menyebutkan belum menemukan adanya pedagang yang melakukan penimbunan barang. Bahkan, Danu menegaskan jika ditemukan siapa saja yang melakukan penimbunan barang, maka pihaknya akan melakukan tindakan tegas kepada oknum tersebut. (Elly Said)



No comments

Powered by Blogger.